nhk

Tips Motor: Usir Bunyi Jedag..Jedug.. Honda Beat Fi, Modal Dua Kunci!

 

 

Maniakmotor – Munculnya bunyi kasar pada mesin Honda Beat, Vario atau Scoopy memang kerap terdengar. Suara tadi biasanya muncul saat stasioner alias langsam. portal ini pernah bahas cara mengatasinya. Coba cek tulisan ini: Tips Motor: Usir Bunyi Dag.Dig..Dug.Nggak Pake Serrrr Di CVT Honda Vario, Beat Dan Scoopy

Gejala yang sama nyatanya muncul juga pada Honda Beat versi injeksi alias Fi, namun beda kasus. Terdengar suara jedag..jedug.. yang pastilah bukan suara bedug pertanda buka puasa tiba. Hehee… anehnya suara tadi muncul baik dalam kondisi stasioner maupun saat digeber di jalanan.

Bikin bingung pemiliknya, memang. Silakan ke bengkel sebelah rumah untuk dicek area magnetnya. Bunyi kasar tadi memang muncul dari sana. Atau boleh juga sampeyan yang punya perkakas bengkel bongkar sendiri untuk ngabuburit tunggu jedug, eh beduk buka.  

Sesuai judul, modalnya dua kunci doang kawan. Atinya gampang dikerjakan, cukup sediakan kunci T8 dan obeng plus. Sebelumnya bisa ganti baju dan celana kolor dalu agar tak kotor juga lebih leluasa ketika bergerak.

Pertama buka cover pelindung magnet pakai kunci T8 (gbr-1) dan obeng plus (gbr-2). Setelah terbuka sekarang coba perhatikan pada bagian kipasnya. Suara kasar tadi ditimbulkan oleh kipas yang oblak (gbr-3). Buka 3 biji baut kipas masih pakai kunci T8 (gbr-4).

Penyebabnya lubang rumah busing baut kipas sudah terkikis alias aus (gbr-5). Karenanya, walau 3 biji baut pengikat kipas sudah kencang tetap saja oblak akhirnya ya muncul suara kasar tadi. Solusinya tinggal kasih pengganjal alias ring. Bisa pakai ring untuk ukuran baut 14, yang penting si busing bisa masuk ke lingkaran tengah ring (gbr-6). Ingat karena busingnya 3 maka perlu 3 biji ring.

Ringnya dibeli ke bengkel atau toko sparepart dekat rumah. Kalau sudah tinggal rakit kembali seperti semula. Jangan lupa setelah beres coba hidupkan mesin kalau bunyi jedag..jedug..tadi hilang dua jempol buat sampeyan. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Usir Bunyi Dag.Dig..Dug.Nggak Pake Serrrr Di CVT Honda Vario, Beat Dan Scoopy

Tips Motor; Korek Murmerceng (Murah Meriah Kenceng) MP4 Tembus 22 dk

Pakai Karburator TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK (2)

Pakai CDI Dan Koil TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK

Tips Motor: Platuk Klep Mio Diganti Model Roller Honda Blade

 

BAGIKAN