nhk

Tips Motor; Velg – Pelek Matik 1.40/17 Inci Dan Ban 215, Enteng Dan Gaya..?

ManiakMotor – Sering lihat kan roda drag bike 17 inci dengan ban kecil-kecil, pasti pernah. Hehe  karena rata-rata pakai pakai tapak pelek 1.20 inci dan lingakrannya 17 inci (1.20/17) atau 1.40/17. Bahkan matik yang aslinya berdiameter 14 inci diganti dengan demikian. Tampang seperti ini bukan hanya di drag tapi menjamur ke pengguna harian, terutama matik. Terutama juga di Jakarta loh, daerah???

Alasannya selain tarikan jadi enteng, top speednya juga jalan, gaya juga dapat. Enteng karena beban mesin tidak menghela roda yang besar seperti standar matik yang bermain 110/80, tapi lingkarannya 14 inci. Sedang top speed naik, sebab saat puli berputar kecil sementara rodanya berputar besar. Rpm kecil tapi kitiran roda besar.   

“Saya sudah dua tahun pakai model kecil begini dengan pelek ring 17 inci,” jelas  Benny yang juga punya bengkelnya Teman Fungky yang  markasnya di Jl. Kecapi 5 Jagakarsa, Jakarta Selatan. “Top speednya juga lumayan, 110 km/jam mah masih dapet. Makin dapat atas bawahnya bila roller CVT diganti 10 gram,” tambahnya pada Honda Beat yang sebelumnya atau standar top speed tak sampai segitu.

 Zaman sekarang memang ada-ada aja yang diada-adain. Kok ada-ada aja? Iya lah, itu ban standar milik matik yang sudah diukur pabriknya  diganti dengan cungkring alias ban kecil. Apa lagi sekarang pelek ratusan merek, ratusan warna, tapi tetap satu bentuk, yaitu lingkaran, yaiyalah masa kotak. “Saya pakai Takasago Excel, ringan. Tapi ada juga yang lain yang setara,” dukung  Ketut Imam dari Cinere pengedara matik harian.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Ukuran tapak pelek jangan asal kecil, terlebih untuk pemakaian harian, sesuaikan dengan ukuran ban yang akan dipakai dan dimensi motor. Itu kalau masih ingin nyaman dan aman berkendara,” kata Supri, ahli setel pelek yang sudah 14 tahun berkutat menyetel pelek jari-jari.

Kok banyak yang pakai pelek ukuran 1.20/17 komposisi ban 45/90-17, aman nggak nih? “Kalau untuk kontes boleh saja pakai ukuran ini, tapi untuk jalan sehari-hari terlalu kecil bannya. Dibalapan pun tidak semua ban depan dipasangkan ukuran ini, itu di tim saya loh,” kata Utomo dari Tomo Speed Shop yang punya tim drag bike dan speed shop di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat langganan dengan matik.

Makanya masukkannya ideal pada matik baiknya tidak lebih kecil dari 1.40-17.Ban yang digunakan umumnya ukuran 200 atau 50/90 di depan dan belakang 215 atau 60/80. “Tapi lebih aman untuk peengerem saat  hujan, saya pakai pakai ban 215 atau  60/80 pada depan belakang dengan pelek 1.40/17. Bannya FDR, konturnya tapaknya aman,” jelas Rifki yang Mionya sudah setelan begitu.    

Katanya untuk Mio pakai pelek 17 inci harus mengubah posisi kotak filter sekitar 1 cm ke atas. Ini pun mudah dengan hanya menyetel lubang bautnya. Jika tak digeser saat boncengan ban akan menggesek rumah filter. Toh, para pengguna pelek dan ban mungil ini mewanti gunakan ban bermutu. Dijamin fungsi roda normal. Juga tetap waspada saat hujan dan melintas di aspal berpasir. Ghalib,Adit

KLIK JUGA

Tips Motor; Kebanyakan Oli Samping (Campur) 2-Tak, Malah Mesin Macet, Ngoook..!

Pasang Quick Shifter Elektronik Di Motor Harian, Macam SSG Loh

Tips Motor: Membran (Lidah Katup Bulu) 2-Tak Pakai Kartu Remi, Murah..!

Tips Motor; CFM Efisiensi Mekanis Pada Korek Mesin Balap




BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353