nhk

Tips Motor: Waspada Dengan Porting Polish, Kepala Silinder Bocor

ManiakMotor – Cara memperbesar lubang masuk dan buang untuk harian disebut  porting polish. Itu demi  memperbaiki flow gas pembakaran  pada silinder head. Tujuan utamanya sih meningkatkan performa.

Itu sah sah saja. Tapi perlu diperhatikan bila berlebihan nggak bagus. Macam manusia dari lapar bangat, lalu makan sepuasnya dan akhirnya kekenyangan. Bila nggak muntah ya berat gerakannya. Ada juga yang ngantuk karena makan itu penyakit bawaan purbakala. Begitu juga dengan mesin.

Apa bila lubang in dan ex dibuat terlalu besar, kecepatan aliran gas malah berkurang. Nafas motor cenderung lebih pendek dan terjadi gejala ngempos. Kan idealnya diameter lubang in manifold 85-90% dari ukuran diameter klep in. Dan untuk diameter lubang buang bisa dibuat sampai 100% ukuran diameter klep ex.

Lebih dari itu performa  malah drop. Ingat langkah memporting adalah memperbaiki flow,  bukan memperbesar sebesarbesarnya diameter lubang in dan ex.  Seperti yang terjadi pada silinder head Honda Megapro milik reporter yang jadi biang eksperimen.

Diameter lubang ex yang kelewat besar malah bocor. Oli dari silinder head merembes masuk ke lubang exhaust. Itu karerna posisi lubang buang yang mepet dengan dudukan per klep. Kalau lubang   porting kelewat besar, maka bocorlahlubang exhaust. Akibatnya oli ikut terbakar oleh panasnya gas buang dan menghasilkan asap putih pada knalpot.

Wah kalo udah geeene repot urusannya. Tapi tenang tukang las zaman sekarang bisa diandalkan. Keburu bocor silakan lepas silinder head dan dibawa ke tukang las alumunium. Di sana akan diproses welding. Habis dilas tinggal dirapikan dengan pisau tunner agar flow tetap maksimal, tapi  jangan terlalu besar seperti tadi. Kalo tak mau ribet bisa siapin dana Rp 150 ribu buat beli lem porting yang super kuat dan tahan terhadap suhu tinggi yang sudah tersedia di pasaran.

Tapi inti cerita ini memperbesar lubang porting akan percuma, bila kelewatan. Iveri

BACA JUGA

Tips Motor: Cara Pasang Koil Tiger Revo Ke Bebek, Tenaga Sangar, Rp 80 Ribu!

Tips motor: Pasang Cop (Karet Penutup) Busi Motor Matik ke Bebek, Ampuh Libas Banjir !

Tips Motor; Saat Hujan Pantau Tekanan Ban, Perhatikan Tire Ware Indicator

Tips Motor; Trik Cat Tetap Oke, Karat Ogah Mampir, Musim Hujan

Tips Motor; Trik Cat Tetap Oke, Karat Ogah Mampir, Musim Hujan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353