nhk

Tips Mudik Lebaran 2016: Bersilaturahmi ke Kampung Dengan Motor, Ini Keuntungannya

 

ManiakMotor –  Arus mudik lebaran diperkirakan mulai ramai besok (2/7) hingga satu hari jelang Idul Fitri 1437H. Dari Jakarta, daerah paling tinggi dituju adalah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Dan pemudik dengan menggunakan sepeda motor tetap paling banyak. Itupun sebagian kecil motornya diangkut pakai truk yang dilakukan agen tunggal pemegang merek (ATPM). Nah, Yamaha memberi beberapa tips.

Tinggginya pemudik dengan kendaraan roda dua, sedikitnya ada 4 keuntungan. Pertama, hemat biaya. So, pasti dan tidak bisa disangkal lagi. Jauh lebih murah ketimbang kembali ke kampung naik bis, kereta api, atau kapal laut. Meski segi keamanan terkadang tidak diindahkan. Seperti berkendara dengan penumpang melebihi ketentuan (suami, istri, 3 anak, plus penumpang. Perlu diperhatikan, ketika jalan motor tidak boleh membawa bobot lebih dari 150 kg (barang+penumpang). Trus, barang yang dibawa tidak menggangu kestabilan.

Kedua,  dengan naik motor lebih cepat sampai. Bila terjadi kemacetan, motor masih bisa lewat. Atau melalui jalur alternatif, sekalipun sempit.

Ketiga, saat mudik disarankan jalannya mulai pagi sampai jelang sore. Ramai memang, tapi daya tahan tubuh lebih bagus dibandingkan jalan malam yang dingin. Banyak pemandangan, sehingga mata dan badan tidak cepat lelah. Bila ada kendaraan dari depan bisa terpantau. Termasuk kondisi jalan yang rusak atau licin karena siraman oli atau tumpahan solar.

 Keempat, sesampai di kampung halaman, motor bisa dipakai mondar-mandir. Ketimbang sewa mobil atau naik angkutan umum. Selain harus mengeluarkan biaya, waktu pun habis di jalan. Ok, Titi DJ (ati-ati di jalan) ya. Maliq

 

 BACA JUGA 

Tips Motor: Duar… Duar… Tembakan Dari Karbu Vakum, Karetnya Bocor 

Tips Motor: Deteksi Kebocoran Oli Di Area CVT Motor Matic 

Tips Motor: Nih Yang Cepat Bikin Aus Kampas Kopling, Bukan Cara Berkendara 

Tips Motor; Ciri-ciri Oli Yang Cocok Pada Motor

BAGIKAN