nhk

Tips Pelek Jari-Jari Tubeless: Semua Motor Bisa, Ala Supermoto

ManiakMotor – Pelek jari-jari sudah lama dibikin tubeless sendiri di rumah. Tetapi setiap saat ada perkembangan yang lebih tahan lama. Seperti tips dari bengkel modifikasi supermoto yang rata-rata pakai pelek jari-jari, tetapi tanpa ban dalam itu. “Terutama perhatikan mutu lem lewat harganya,” kata Eko, mekanik Caos Custom Bike (CCB), spesialis modifikasi supermoto di Jakarta Selatan.

Pertama ya beli pelek dulu berikut jari-jarinya, sekalian disetel pada tukangnya. Mau pakai yang lama juga bisa, tetapi ingat, beli ban yang ada bacaan tubeless, bukan tube type. Karena dari ketebalan dan bibir ban berbeda. Bibir ban tubeless itu bisa menempel persis pada bibir pelek. Iini berlaku untuk semua ukuran pelek, dari bebek sampai motor gede (moge) sekalipun. “Sekalian beli pentil khusus tubeless juga,” ingat Eko yang sudah khatam teknik ini, dan mau berbagi kepada kita semua. Ini contoh orang baik, dan patut ditiru, suka bagi-bagi elmu.

Gunakan lem perekat khusus kaca aquarium, belinya 3 botol, ini untuk 2 roda.  Nggak perlu bilang mereknya, harga 3 botol kurang lebih Rp 250.000, serta alat tembakan untuk mengeluarkan lem seharga Rp 150 ribu, totalnya Rp 400 ribu, itu di luar pelek dan setel jari-jari tadi. Wah… Beli juga ampelas halus nomor 600 secukupnua, sekalian kain lap dan sabun colek. Ampelas untuk  permukaan dinding pelek yang dilapisi cat. Cat itu kan mengandung minyak, lem dan minyak musuhan sejak mereka lahir. 

Proses mengolesi lem kurang lebih memakan 2 jam, kuncinya sabar. Mainkan tembakan lem tadi, sampai rata pada dinding tengah pelek pada tempat jari-jari nempel itu. Harus dicermati pada setiap bagian nepel, tertutup rapat oleh lem. Tadi kan disuruh beli 3 botol lem kaca, itu untuk ketebalan lem yang mencapai 1 cm. Bagian coakan biasanya untuk dudukan ban dalam, harus rata oleh lem.

Pengeringan lem memakan waktu paling lama 3 hari. Itu supaya hasilnya maksimal. “Kalau bisa, untuk ukuran pelek 2.50 sampai 5.50 inci, pasang bannya di bengkel mobil. Karena ada alat khusus untuk memasang dan membuka ban,” sambung Eko lagi.

Betul, agar bibir ban dan pelek tidak tergores. Sebanarnya sama untuk ukuran pelek dan ban kecil, ya sayang dong sudah capek-capek hasilnya pelek lecet. Satu lagi, cari kualitas pelek yang bagus. Ada TK Racing dan Takasago Ecxel Asia. Buktinya ya terbukti, supermoto, 70 persen aspal, 30 persen jalan keriting aman-aman saja tuh. “Kalau sibuk terus tidak ada waktu, kirim saja peleknya kesini dan kita yang kerjakan. Biayanya 650 ribu tinggal pasang,” tutup Eko.

Ini teleponnya CCB, 08170089400 / 021-70089400 / 081315514800. Adib

TIPS LAINNYA:

Spek Balap Matik 130 cc, Cocok Untuk Korek Harian, Modal Rp 1.5 Juta

Dongkrak Performa Motor Harian, Tanpa Pisau Tunner

‘Sejuta’ Model Kaca Spion Motor Custom, Silakan Pilih..!

Tips Ergonomik, Setting Kaki Pada Tuas Persneling

Setel Klep Honda Injeksi, Ayo Coba Sendiri!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353