nhk

Tips Persiapkan Motor Drag Bike From Eko Chodox (Kodok), Jangan Banyak Setting Di Paddock

Tips Eko Chodox, Cara Start Eko Chodox

ManiakMotor – Setting motor itu minimum dua  hari sebelum balapan semua sudah siap. Motor datang ke sirkuit hanya menyesuaikan dengan suhu. Itu pun hanya sebentar saat diberi kesempatan oleh panitia coba lintasan, akan ketemu maunya mesin. Soalnya ini drag bike, perbandingan gir yang 201 meter nggak banyak berubah dan termasuk spuyer.

Cara start Eko Chodox drag bike
Di sirkuit tinggal fokus gas

Itu menurut Eko Sulistyo atau Eko Chodox yang memberi tips pada pembalap pemula untuk mempersiapkan diri dan motor.

“Motor yang dibawa ke sirkuit itu sudah harus siap. Kalau balapannya mulai Sabtu, terakhir setting motor hari Jumat atau Kamis tergantunng lokasi event. Apalagi kalau motornya sering digunakan, pasti selalu segar. Jadi nggak perlu setting besar di paddock,” jelas Chodox yang asli Semarang.

Bagi pembalap bernomor start 157 itu, setting di arena paddock itu nggak ada gunanya. Malah semuanya serba mendesak akhirnya buru-buru dan nggak presisi. “Kalau masih ada yang blayer gas terus-terusan sepertinya sibuk bangat, menurut saya itu hanya ingin nampang. Maksudnya agar dilihat orang, haha,” tambah Chodox saat bercerita di event Cilacap, Jateng pada 16/10-2016.

Si Madun vs Eko Chodox
Eko Chodox (anak panah). Selalu belajar tanpa henti

Bagi Chodox, saat hari ‘H’ tinggal fokus dan konsentrasi balapan. Bukan sibuk setting. Malah sering waktu Chodox dipakai untuk melihat teknik-teknik start dari pembalap lain. Juga saat sama menghitung interval lampu start. Dia bisa menyerap cara-cara berbeda dari pembalap membaca situasi lintasan.

Makanya, Chodox sering kelihatan di belakang pembalap lain sedang melakukan start, ya seperti foto itu. “Boleh sih setting di waitinzone. Tapi itu hanya memanaskan ban. Sebab setiap event saya menggunakan ban baru,” cerita Chodox.

Ia juga menyoroti ada yang memiringkan motor di garis start, katanya agar oli menyebar. “Kalau motor sudah hidup, otomatis oli sudah menyebar, nggak perlu dimiring-miringkan,” timpal Yusron, mekanik Simple Concept SSS Excel Takasago yang duduk di samping Kodok.

Oke deh ditunggu teknik ajaibnya di event maniakmotor.com pada 12 – 13 November 2016 di Cikarang, Jabar. Yug

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha 125Z Drag Bike, Korekannya Pernah Rekor Di Bebek 2-Tak 130 Cc

MotoGP 2020: Lock Down Italia Dilonggarkan, Rossi & Morbidelli Mulai Berlatih, Satu Tim Di Petronas 2021..!

Drag Bike 2020: Gegara Corona Wiwi Mungils Balik Ke Tim Lama, Tapi..??

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353