nhk

Tips Perawatan Busi, Awas Patah…!


ManiakMotor – Prakteknya, busi alias spark plug (Inggris) dan bougie dalam bahasa Walantakomponen jarang bermasalah dalam era 4-tak. Tapi, kalau pemalas memeriksa dan membersihkannya, jadi masalah juga. Bahkan bisa patah dan memaksa sampeyan harus bolak-balik ke tukang bubut.

Persis dialami Erwin Pramundya pada Honda Supra Fit 2007-nya. Busi motornya tak sekadar ‘mogok’ tapi juga ‘mengutuk’. “Busi mau diganti, tapi sulit dilepasProsedur membukanya sudah tepat. Ya, terpaksa harus dibawa ke tukang bubut,” jelas Yayank Febriyana, mekanik Aries Motor di Jln. Tentara Pelajar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jauh amat tipsnya.

Sepintas kisah tak biasa. Tetapi kalau dilusuri riwayat motornya, ya jelas jadi karatan pada ulirnya. Pembuka busi biasa sudah tak mampu. Dipaksakan, malah patah. “Motor ini memang jarang perawatan. Sejak dibeli, bisa dihitung pernah buka busi,” aku Erwin yang dari tampangnya bukan seorang pemalasTapi, kok bisa begitu ya?

Ya sudah, itu urusan yang punya motor, sampeyan urus diri sendiri  dan jangan menirunya.  Mudah kok, cuma mebersihkan busi secara teratur setiap 5.000 km“Selain umur busi lebih panjang, ulirnya tidak akan terkunci mati seperti milik Erwin,” tambah Yayank yang bukan yayangyayangan ini. Baca aja itu.

Modalnya juga peralatan standar motor. Maksudnya sudah ada di motornya seperti kunci busi. Kalau dipinjam tetangga dan tidak balik-balik, jangan gunakan kunci pas untuk membuka busi. Gunakan kunci sok atau beli kunci busi. Membuka businya juga dalam keadaan dingin.

Sebelum busi dilepas, sisi busi dibersihkan terlebih dahulu. Cukup dengan kain bersih atau dicolek dengan lidi kotorannya. Cek kondisi penutupnya (chop)Copot businya dan rendam dulu dengan bensin. Lantas bersihkan mulut busi bagian luar dengan sikat kawat.

Bersihkan juga elektrode masa dengan kikir pelat tipis atau ampelas. Ukur celah busi yang umumnya 0,6 mm-0,8 mm dengan feeler gaugePasang kembali businya. Harap diingat, jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras. Semoga kasus Erwin yang tidak peduli pada busi motor tidak menimpa sampeyan. Semoga juga Erwin merawat ‘businya’ yang berharga. Ardel



TIPS LAIN:

Tips Bungkam Petasan Di Jupiter Z

Tips Lubangi Kopling Ganda, Jangan Sampai Jadi Waria..!

Tips Mujarab, Cegah Tangki bocor

Tips Setel Minyak Rem, Sampai Muncrat….

Tips Cegah Stater Matik Macet

Tips, Kompresi Beat Dan Scoopy Didongkrak Piston Vario





BAGIKAN