nhk

Tips Porting: Setelah Haluskan Kulit Jeruk, Jurusnya Cutter Valve

Cutter valve

ManiakMotor – Pisau tunner sekarang banyak macamnya bro. Memaksimalkan masuknya udara dan bahan bakar, tak lagi cukup denga menghaluskan kulit jeruknya. Mau mantap debit uapnya, harus mengatur arah terowongan udara terhadap pintu klep.

Hasil cukur porting

Untuk itu, alat yang digunakan adalah cutter valve. Alat ini menjadi senjata  tepat untuk membantu mekanik mengarahkan porting. “Sediakan minimun 3 mata cutter dengan ragam derajatnya, ada 30°, 45°, dan 60°,” papar Mas Swega dari RAT Motor Surabaya yang tak pernah berhenti di bidang korek mengorek.

Bagi Mas Swega yang bermarkas di Sidoarjo, Jawa Timur itu, mata 30° untuk membentuk permukaan sitting atau dudukan klep, agar makin rata. Sedang mata 45º guna memahat tapakan skir terhadap klep. Sementara sudut 60° atau bisa memakai 75° untuk membantu flow dari porting supaya membias keluar klep. Diameter dalam sitting klep diusahakan terjaga pada selisih 3 mm lebih kecil dari payung klep.

Banyak kepala hasilnya akan maksimal

Jodohnya klep juga harus diatur aliran udara yang melewati punggungnya. Back cut namanya. Yaitu, teknik pembubutan punggung payung klep diberi sudut 30° di bawah area skir klep. Saat bersamaan menyelaraskan kontur payung ke stem supaya tidak ada patahan dan sudut kaku. Untuk permukaan payung yang terkena kompresi dan ledakan sebaiknya tidak dibubut agar kekuatannya terjaga dan awet.

Silahkan dicoba, dijamin aliran udara ke silinder akan semakin mucrat bin crot. Deras gak cuma meleleh ataupun netes.. tes.. tes…

Penulis adalah Swega dari RAT Motor SBY. Boleh berkunjung ke website RAT Motor di sini.  Boleh juga IG @ratmotorsby.

BAGIKAN