nhk

Tips Rem Pakem Pakai ‘Gondurekem’

 
ManiakMotor – Ini idenya pak ustadz Zainuri Ngakhidin, S.Pd. Dia beramal ilmu rem di bulan Ramadhan, supaya motor sampeyan remnya pakem dan sama pakemnya dengan mencieeet… rem hawa nafsu di bulan suci. Tapi, ini buat kampas rem yang sudah tipis. Modalnya hanya gondurukem atau semacam lem dari pinus yang biasanya untuk mebel. Maaf ya, itu bukan gondoruwo.

Pak uztaz sudah menguji coba sendiri sat dia berdinas yang jauh dari rumahnya. Kondisi naik-turun dan berkelok-kelok, bro Zainuri aman-amasn saja tuh. Kalau gak aman, mana bisa beliau diwawancara.  “Sudah dibuktikan sendiri kokminimal bisa dipakai sampai bisa beli yang baru lagi,” kekeh guru di SMP 2 Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah itu.

Gondurekem atau resina colophonium adalah olahan dari getah hasil sadapan batang tusam (pinus). Bentuknya bongkahan kuning keemasanbiasa melapisi dan lem lemari, kursi, dan meja. Banyak tersedia di toko bangunan.

Ayo dicoba. Pastikan gondurekema sudah di tangan. Tak usah beli, minta saja ke tukang mebel seperlunya. Toh, perlunya nggak sampai sekilo, sekilo harganya Rp 20-30 ribu. Kalau segitu sih, mending beli kampas rem baru bro. “Gondurekem yang tadinya bentuk bongkahan ditumbuk sampai serbuk atau halus,” ingat Zainuri pada tips yang bisa digunakan pada kampas versi teromol dan cakram.

Gunakan wadah, serbuk gondurukem tambahkan air secukupnya. Sebelumnya, permukaan kampas dibuat alur (irisan) zig-zag. Nah, serbuk gondorukem ini tinggal dioleskan di situDijamin tetap pakem,” yakin guru bahasa Inggris itu.

Sambil nunggu bedug buka…silakan dicoba bro! Ardel    

TIPS LAIN:
Setel Angin Karbu Kawak Ninja 250
Setel Klep Honda Supra 125
Tips Darurat Kunci Kontak Ala McGyver
Tips Mujarab, Cegah Tangki bocor
Tips Meredam Bunyi CVT Matik
Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z



 

BAGIKAN