nhk

Tips Standar: Ganti Bohlam Honda Supra X Sndiri

 

Maniakmotor Aturan lalu lintas yang mewajibkan bohlam online siang malam, akibatnya bagus buat keselamatan sampeyan. Itu setimpal dengan bohlam sering diganti, ketimbang ditabrak atau senggolan. Sebelum aturan ini berlaku, bohlam bisa tahan lama.

Apalagi bohlamnya yang sudah KW kesekian, sering koit tuh.  “Hampir setiap bulan saya didatangi konsumen untuk ganti bohlam mas. Padahal kan gampang ganti sendiri,” kata Syamsul, mekanik Andika motor Genteng.  Karena dia mekanik, dia menjelaskan penyebab bohlam putus dan bahkan rumah bohlamnya meleleh. Itu katanya kerena hidup terus, jam kerjanya bohlam memang hanya segitu. Hanya mampu bertahan tiga bulan untuk bohlam asli yang digeber siang malam. Melotot terus atau terus terang dan terang terus, ya terus putus.

Maka ayo ganti bohlam sendiri pada motor Honda Supra X yang dipandu cak Syamsul, agar dia tidak direpotkan hanya urusan ganti bohlam. Lho, bukannya kalau ganti melulu  malah dapat rejeki. “Itu kalau yang didekat rumah, kan bisa saja bohlam putus di tengah malam di jalanan gelap gulita,” kata cak Syamsul.

Langsung praktek saja, jangan ngomong melulu. Siapkan dulu perkakasnya macam obeng plus, kunci pas 14 dan bohlam baru tentunya. Harganya yang genuine Rp 50 rebuan, jika kangtaw lagi kering beli saja yang kw Rp  10 rebuan.Lanjut dengan memposisikan motor dengan setandar tengah. Pertama copot spion motor pake kunci pas 14. Ingat muternya ke kiri, jangan terbalik.

Lepas baut cover lampu depan dengan obeng plus. Ada 4 baut yang harus dilepas, 2 baut ada di samping kanan-kiri depan(gbr-1) sedang 2 baut lain di samping kanan-kiri batok lampu bagian belakang(gbr-2). Setelah terlepas tarik batok lampu tadi lalu copot fittingnya, caranya putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam(gbr-3).

Copot bohlamnya dan langsung ganti dengan yang baru. Lalu hidupkan motor dan on-kan saklar lampu di setang kemudi, pelototin  lampunya nyala apa tidak?? Bila nyala berarti sampeyan bisa buka bengkel dirumah, tapi khusus mengganti bohlam, hehehe. GS

TIPS LAINNYA:

Ganti Kabel Spidometer Jupiter Z, Tinggal Sebut Obengtang!

Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing

Ukuran Dan Kode Kadaluarsa Ban Motor

Kohar Bebek Yamaha 4-Tak, Pakai Piston Blitz Joy, Ngacirrrr..!

Korek Harian Piston Yamaha RX-King

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353