nhk

Tips Standar, Ganti Oli Mesin Matik Pakai 3D

ManiakMotorMengganti oli mesin matik jangan susah-susah ke bengkel. Bolelah keringatan sikit untuk menggantinya sendiri. Ada trik-trik khusus untuk pergantian berkala itu. Ganti oli wajib, bila mau mesin motornya awet. Tapi, kalau tahun depan rencananya segera dijual atau malas bayar kreditnya, nggak usah dibaca ini tips.

Pada buku manual pergantian oli dilakukan setiap 5.000 km. Tapi, itu rata-rata kualitas oli yang ada di Indonesia. Kalau mau lebih awet lagi, sebelum mencapai angka itu silakan diganti. Toh, sampeyan sudah bisa melakukannya sendiri dengan tips ini. “Fungsi utama oli sebagai pelumas dan pelapis material mesin. Jika olinya segar, fungsinya juga segar,” kata bro Hadi Wiyono, S.Pd yang mengajar di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng.

Ayo praktek langsung pada Honda Beat, jangan teori mulu. Siapkan semua keperluan, jangan sampai sudah mulai membuka oli, penampung olinya belum sia. Jadinya belepotan di lantai dan bisa sampai ke wajah.

Siapkan oli baru (khusus matik), kunci sok/ring 19, tang untuk membuka tutup oli bagian atas, penampung oli bekas, lap kain bersih, dan corong untuk menuang oli. ”Macam mendeteksi duit palsu, ganti oli juga pakai 3D yaitu dibuka, dikuras, diisi.He..he,” kekeh Hadi. 

Posisikan motor dengan standard tengah. Hidupkan mesin, panaskan sedang-sedang saja, lalu matikan. Fungsinya, supaya oli yang telah membeku akan encer kembali. Saat itu juga partikel atau serbuk bekas gesekkan akan terurai. Jadi, pemahaman ganti oli dalam mesin keadaan dingin sekali, itu salah. Itu ilmu kakek-kakek.  

Buka tutup oli bagian atas (oil filler cap) dengan tang. Lantas buka baut penguras oli di bagian bawah (oil drain bolt dan sealing washer) dengan kunci ring/sok 19. Biarkan oli keluar sampai benar-benar habis (bisa disemprot dengan kompressor).

Tapi, air di tabung kompresor dibuang dulu lewat pembuangannya. Waduh, itu kalau ada kompresor lho. Klau tidak ada, pakai mulut juga bisa. Walah, makin susah. Ya, sudah, jika memang tidak bisa dilakukan keduanya, tunggu oli sampai abis menetes dan motor sembari dimiringkan kiri dan kanan.

Tutup kembali  dan kencangkan baut penguras oli bagian bawah. Tuangkan oli baru, dibantu dengan corong. Kapasitas oli Beat 700 ml. Terakhir pasang kembali tutup oli bagian atas.  Gampang kan!. Ardel

BERITA TERKAT:
Tips Pasang Kunci Pengaman Yamaha Nouvo
Tips Tekanan Angin, Besar Kecil Ban Psi-nya Sama
Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z
Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat
Setel Angin Karbu Kawak Ninja 250
KLX 150 Letoy Jadi Asoy
Ganti Per Kopling! Tarikannya, Cing..!

 

BAGIKAN