nhk

Tips Standar Mudik, Setel Rantai Roda

 

ManiakMotor – Biasanya yang sangat mudah, juga mudah disepelekan.  Penyetelan rantai roda misalnya,   masuk kategori di dalam itu. Juga bagian dari kategori yang sangat dilupakan. Baru ingat, kalau rantai dan gir mulai bunyi kuraok, kuraok, kuraok

Itu pun masih cuek bebek.  Baru sadar  tiba-tiba harus ganti, karena rantainya putus. Namanya putus, gak ada yang terjadi di dalam rumah. Ya sudah, dinaiki motor sampeyan. Nah, ini jangan sampai terjadi saat mudik…

Padahal, ada trik rantai dan gir bisa awet. Pertama, bersihkan dengan minyak tanah kotorannya, habis itu direndam oli. Yang kedua, disetel presisi posisi penyetelnya kiri dan kanan pada roda. Jika keduanya sambung menyambung dilaksanakan, niscaya tahan lama.

Sekarang cuma bicara simetrisnya setelan kiri-kanannya.  Pada motor baru, masih ada garis-garis penyesuaian pada lengan ayun atau pada dudukan  as roda dengan jelas. Sepatu penahannya juga masih oke. Presisinya center-nya boleh dijamin.

Bahkan di Yamaha Vixion, memudahkan penyetelan dan akurasinya mantap. Dia  menganut sistem ring yang dilengkapi coakan sebagai patokan.  Nah, “Vixion yang begitu saja masih perlu disetel. Bagaimana yang tidak punya, bahkan  garis-garis penyesuaian sudah terhapus?” tanya Agus, mekanik dari Mawar Motor, Cinere, Depok.

Lha, kami itu mau bertanya Pak. Kok Pak Agus malah bertanya pada kami? “Jalan satu-satunya melakukan penyetelan ulang,” sambung Pak Agus setelah sadar, semestinya dia yang menerangkan.

Meluruskan gir roda center dengan depan, hanya dikit keringatan. Ya, sama dengan jalan kaki bolak-balik 300 meter lah. Mudah… walau tanda penyelarasnya sudah hilang, “Penyetelannya seperti langkah biasa.  Yakni, mengukur panjang sisa baut penyetelnya,” yakin Agus.

Pastikan jarak bebas rantai saat ditekan antara  20-30 mm, lalu ambil sikmat, mistar juga bisa. Ukur sisa baut di sisi kiri. Nah yang kanan tinggal menyesuaikan. Panjang sisa baut harus sama kiri dan kanan.Gampang kan. Adit

TIPS LAIN:
Tips Bungkam Petasan Di Jupiter Z
Setel Klep Honda Supra 125
KLX 150 Letoy Jadi Asoy
Filter Bensin Dari Sloki
Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat
Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis
Bagian Motor Yang Butuh Gemuk Dan Oli

 

BAGIKAN