nhk

Tips Tekanan Angin, Besar Kecil Ban Psi-nya Sama

 ManiakMotor – Tekanan  agin pada ban itu toleransinya antara 24 – 31 psi.  Jika masih bermain di situ,  berarti aman. Termasuk saat gonta-ganti ban besar dan kecil, tekanan itu yang diperhatikan. Lebih jelas lagi, depan 24-28 dan belakang 28-31 psi. Masih bermain di angka ini, semoga Anda tetap naik motor. Kurang dari itu, nah Anda yang dinaiki motor. Itu sama dengan menarik motor sampai ke tempat si lae, tukang tambal.   

 Rata-rata ukuran ban standar bebek 100/70,  90/80  dan  100/80. Tergantung mereknya dan angka yang kecil untuk roda depan. Kadang depan belakang ukurannya sama. Ada juga ukuran 2.50, 2.75 dan paling besar 3.00. Tetapi, masih banyak yang belum puas dan menggantinya yang lebih besar lagi.

Lalu, mereka bertanya, psi-nya sama tidak? “Ukuran ban tidak berpengaruh pada tekanan psi-nya. Tetap sama dengan standar pabrik. Yang  berpengaruh adalah beban. Misalnya setiap hari buat angkut berat, yang dipilih psi maksimalnya,” kata Bagus Ardian selaku Marketing Communication Manager dari Planet Ban di kawasan Tole Iskandar, Depok, Jabar.

Artinya, ban sebesar rumah – ou gede amat – angin akan mengikuti ruang, tekanannya sama saja.  Setiap  pabrikan ban punya standar masing-masing. “Makanya pabrik memberi toleransi yang banyak. Lagi pula antara merek ban selisih psi-nya tidak lebih dari 2.  Maka dari itu dicek langsung pada kemasan atau di dinding ban, soal psi-nya,” tutup Bagus.

Jangan lupa juga, 10 hari sekali dicek tekanannya. Supaya gak dinaiki motor lagi. Adit

BERITA TERKAIT:
Tips Sederhana Deteksi Kesehatan Sokbreker Teleskopik
Tips Standar, Ganti Oli Mesin Matik Pakai 3D
Setel Klep Jupiter Z
BAGIKAN