nhk

Titanium Bikin Mahal MotoGP

ManiakMotor – Titanium tulen lebih mahal dari emas setiap gramnya. Dan, 20 persen bobot kuda pacu MotoGP dari titanium. Mesin sampai rangka, mengandalkan  logam bersimbol Ti dengan nomor atom 22 itu.  Emas simbolnya Au dengan nomor atom 79.

Berarti, sesulit emas menambang titanium. Tentu bukan urusan penambang liar. Susah jualnya, tidak umum dipakai sebagai alat tukar dan perhiasan. Penambang liar lebih suka emas. Melenceng ini tulisannya. Maklum, masalah tambang lagi ramai, pak! 

Para dalang MotoGP, menganggap akan murah jika metulurgi titanium dihapus. Misalnya, total bobot MotoGP sebelumnya 153 kg dan edisi 2012 jadi 157 kg, berarti ada unsur 4 kg titanium yang hilang di sana. Jika, harga emas sekarang Rp 450.000/gram. Hitung saja 4.000 gram kali Rp 450.000 = 1,8 miliar, pak. Ihhh, takut!

Itu baru hitungan dasar dari emas. Padahal, titanium lebih mahal dari logam mulia. Itu pun, titanium belum ada bentuknya. Harga bisa berlipat-lipat  kalau telah berupa piston, gir dan knalpot.

Juga belum dihitung aturan harus sediakan enam mesin dalam satu musim. “Regulasi teknik 2012 ini yang mungkin akan lebih murah,” papar Ceo Dorna, Carmelo Ezpeleta. Promotor MotoGP ini mengaku telah mamanggil para ahli untuk menyesuaikan regulasi murah 2012.

Titanium lebih ringan 60 persen dari semua turunan logam. Tetapi, sama alot dengan baja. Seimbang kekuatannya. Bicara daya tahan terhadap panas, titanium pula jagonya. Dengan rasio berat dan kekuatan, titanium tidak membutuhkan ruang yang besar.

Di mesin MotoGP, komponennya cukup kecil-kecil. Toh, kekuatannya sama dengan yang gambot.  Pernah pegang piston MotoGP belum. Atau meraba dan mengira-ngira gir dari titanium. HP sampeyan, lebih berat dari dua komponen terbuat dari titanium tersebut. Don Miolo

BERITA TERKAIT:
Catatan MotoGP, Apa Itu Sirkuit Cepat, Mas?
Catatan MotoGP Catalunya. Nasib Ben Spies Di Ujung Tanduk
Catatan MotoGP, Harga Diri Rossi Dicolek..!
MotoGP 1000cc Tetap Mahal
Claiming Rule Team, Ikutan MotoGP Versi Murah


 

 

BAGIKAN