Top Speed Yamaha R3 197,8KM/H Tertinggi di FP3 AP250 ARRC Thailand 2024! Padahal Sering Kena Limitter 12.500RPM, Ini Kata Faerozi

Maniakmotor.com – Secara mesin, sebenarnya bawa Yamaha R3 di ARRC Buriram 2024 itu enggak nyaman. Siapa sih yang nyaman kalau sering kepentok putaran mesin dengan regulasi 12.500 RPM.

Makanya di luar dugaan ketika Yamaha R3 justru bisa mengasapi Honda CBR250RR, hingga Kawasaki ZX25R di sesi FP3, Jumat 15 Maret 2024 ini.

Omongan ini keluar dari komentar joki-joki Yamaha Racing Indonesia seperti Arai Agaska di artikel sebelumnya. Termasuk M. Faerozi yang hari ini tercepat, bahkan catatan waktunya beda 1,1 detik dari joki di belakangnya, wow.

Balik lagi perihal kenyamanan mesin tadi, “sebenarnya motor ini terasa lebih enak di torsinya aja mas. Speed enggak jauh beda, karena kepentok RPM 12.500. Jadi kami fokus di set up kaki-kaki secara detail aja mas,” tutur M.Faerozi ketika dihubungi di Buriram, Thailand, Jumat 15 Maret 2024.

Maksudnya, top speed tertinggi hari ini di angka 197,8km/jam tadi enggak murni dari mengandalkan mesin tok. Kecepatan tertinggi itu datang dari variabel lain. Bahasa ilmiahnya, ada aspek ontologi yang mempengaruhi bro, hiyak.

Ya emang iya. Sesuai Komentar M. Faerozi tadi, top speed tertinggi ini didapatkan dari set up suspensi yang oke. Begitupun juga dibantu dengan torsi yang lebih kuat. Otomatis keluar tikungan lebih cepat lah, makanye bisa ketemu angka top speed yang lebih tinggi.

“Iya mas kita lebih fokus di suspensi ,jadi memang bener-bener cari maksimal karena kita cuma rpm 12.500. Karena itu harus maksimalkan suspensi agar bisa dapat top speed yang bagus,” pungkas M.Faerozi.

Lain hal kalau bro speeding di Antasari atau sejenisnya. Suspensi seadanya, dengan mesin yang gila-gilaan, pasti top speed bakal ketemu di angka lebih besar. Wong treknya 2KM🗿.

Di Buriram, atau trek permanen lainnya beda cerita. Kalau suspensi enggak main, ya mesin kuat tok enggak jamin kencang.  Bahkan melawan motor dengan mesin seadanya, tapi suspensi istimewa juga sulit. Soalnya sebelum top speed, cornering speed pastilah berkurang, itu bela suspensi enggak mendukung ya.

Artinya perlu diluruskan kembali tuh bestie. Urusan catatan waktu tercepat dan angka top speed tertinggi dari Yamaha R3 hari ini, enggak melulu siap mesin doang.

Walau pasti ada ngaruhnya dong, kan diameter piston lebih besar 8mm dibandingkan Yamaha R25 yang hanya 60mm. Otomatis tenaga keseluruhan motor juga pasti berubah.

Kalau baca brosur sih bedanya bisa sampai 6Horse Power. Itu bawaan pabrik ya bro, belum tambah perangkat-perangkat Racing lain, hehe.

Ya ujungnya tontonan makin seru, karena pabrikan lain dikasih ruang untuk tampil juga. Yamaha Gaspoll!! RAIDER