nhk

Trail Adventure, Menelusuri Jalur Proyek Hambalang (Bogor)

 

ManiakMotor – No fear ketika diajak para kiliker setia maniakmotor.com  ke Hambalang, Citereup, Jawa Barat, Minggu 6 Januari 2013. Malah asyik bisa lacak proyek yang bikin Andi Malarangen di penalty dari Menpora karena jump start. Juga bangga ala KPK mengobok-obok wilayah itu, siapa tahu dana yang mestinya bisa bikin sirkuit seperti Sepang di Malaysia, malah untuk memperkaya diri untuk kalangan tertentu. Jangan heran juga ABG yang akhirnya gabrukan alias taruhan di balap liar, gara-gara tanpa fasilitas sirkuit.

Hayo..! “Garansinya cuma Honda Win yang diberi ban pacul,” sebut Wiwid, pengurus Pengda IMI DKI dengan kumisnya yang melintang seperti awak KPK. Wuihhh, berarti ke Hambalang itu butuh perjuangan dengan motor pakai ban pacul garuk tanah segala. Padahal reporter portal ini hanya bermodal Vespa butut yang catnya separuh semprot dan separuhnya dikuas???

Iya ya, baru ingat, pengajaknya Hambalang Enduro Adventure Team (HEAT). Ya, siapa yang tidak tahu Hambalang? Klub ini dengan senang hati meminjamkan motor trail, bahkan bebas pilih, mulai  Yamaha Jupiter yang modif trail sampai Kawasaki KLX 150. Pilihan pada KLX150 dengan suspensi full special engine (SE). Ternyata pintu proyek Hambalang malah dilewati. Rombongan malah ke pegunungan, di belakang proyek Hambalang. Dari sinilah penyiksaan dimulai alias sengsara membawa nikmat.

“Proyek Hambalang urusan KPK, kita naik gunungnya saja dengan motor,” kata H. Eef Effendi, pak Haji yang jadi ketua HEAT. Dia terus bicara. “Bila benar itu Hambalang untuk semua jenis olahraga nasional, di samping lokasi proyek Hambalang masih sangat luas. Sirkuit balap motor dan motocross bisa dibagun di situ, itu kalau cerita olahraga. Asal tahu saja, kami naik gunung Hambalang dengan motor sebelum ada megaproyek tersebut,” lanjut Pak Haji. Jangan-jangan Pak Haji juga punya tanah di situ???

Ternyata lagi, karena sasaran bukan ke proyek Hambalang dan malah ke gunungnya, pilihan KLX juga masalah. Menunggang motor ini, nafas cepat habis meng-handlingnya. Tinggi jok jauh dari tanah ditambah mesin yang diotak-atik, malah motor yang naikin, bukan naikin motor. Di jalur setapak dengan tanah merah yang baru saja di guyur hujan, seperti berjalan di es. Mate maho, begitu kata orang Medan…

“Motor ini memang di sesuaikan dengan tinggi badan saya yang 180 cm,” terang M. Irvan Maulana atau akrab disapa Ipeck, pemilik KLX bernomor start 20, karena  langganan ikut trail enduro. Dia bercerita begitu setelah helm dan badan tergelatak di tanah Hambalang yang empuk. Maksudnya jatuh brosist.

Benar juga yang dibilang sesaat sebelum berangkat, enaknya pemula pakai motor yang ringan. Misal bebek yang telah dimodifikasi kaki-kaki, mesin hanya disuntik sikit dengan ganti kenalpot. Atau  sport seperti Honda GL dan sejenisnya yang ringan.  Spesifikasi itu cocok buat pendatang baru di dunia adventure. Kombinasi  jalur setapak (single track), jalur terbuka (open track) dan jalur lintas alam macam menyeberang sungai, menerobos ilalang, menaiki tanjakan cadas, sampai jalur alternatif Sentul-Puncak, Bogor, Jawa Barat yang masih dalam pemadatan tanah. Katanya bisa…

Atas cerita itu maniakmotor.com menggatinya dengan Honda CB yang bermesin GL-Max. Tampangnya sih pas-pasan, tapi lebih mudah di kendalikan. Kendala sebagai pemula saat menghadapi tanjakan yang licin lumayan teratasi. Disebut lumayan, karena jauh tertinggal kawan-kawan yang sudah mahir, “Biarkan kopling bebas, syaratnya posisi gigi tepat, jika tanjakan curam, umpan gigi satu saja dari bawah, sisanya cukup mainkan gas, tujuannya agar ban belakang tetap mendapat traksi ke tanah,” bilang H. Eef yang termasuk pendiri klub HEAT.

Di open track ikuti ke mana motor melaju, jangan melawan arah setang kemudi. Kendalikan dengan halus dngan posisi tubuh berdiri dan dengkul bagian dalam ke atas menjepit tangki. “Jepitan berguna agar motor stabil, tubuh mengikuti gerakan motor dan tidak lepas,” saran Hendri, di sela-sela istirahat di daerah Tajur. Di sini peserta makan dengan lahap, karena energi terkuras, terutama melewati beberapa titik yang mau tidak mau harus saling bantu menarik yang terjebak. Yang paling banyak dibantu, ya, maniakmotor.com, caileh.

Panjang total trek adventure Hambalang yang dibuka HEAT sekitar 60 km mulai dari desa Hambalang-Tajur-Karang Tengah-Cibadak-Babakan Madang-Pabuaran-Leuwi Karet. Hujan seperti kemarin (6/1) dengan kondisi membawa pemula, diramalkan perjalanan dalam 2 hari 2 malam. “Makanya dipotong jadi 15 Km saja dari Hambalang-Tajur-Karang Tengah, kebetulan tiga etape yang kita lewati adalah etape teringan,” tukas H. Eef. 

Hehe, ringan buat bapak, sangat berat buat pemula. Tetapi  antara ringan dan berat buat para pemain proyek Hambalang saat ini. Bagi yang tertangkap tangan, ya berat dibui. Bagi yang lolos antara berat  dan ringan karena kasus ini masih terus ribut, sewaktu-waktu akan terseret. Bagi yang berhasil cuci tangan, ringan di dunia, di akhirat urusan dia. Adit

BERITA TERKAIT

Rally Dakar 2013: Masuk Padang Pasir, Husqvarna Tekuk KTM

Purwakarta Enduro Challenge, Aep Dadang Bintangnya

Enduro Cross Solo, Mainan Petualangan Bermotor

 



BAGIKAN