nhk

Training ECU aRacer Untuk Mekanik Indonesia, Agar Makin Pintar Dengan Elektronik

traning-aracer2016

ManiakMotor – Elektronik atau motor balap yang sudah pakai fuel injection memang  ‘barang baru’. Harus pakai metode dan otak baru untuk mengolah elektronik tersebut. Terutama soal mapping yang sebenarnya lebih mudah, karena sudah komputersasi. Tapi jadi berat buat yang nggak melek perkembangan  teknologi.

Karena itu Ultra Speed Racing (USR) sebagai distributor ECU aRacer di Indonesia melakukan training atau pelatihan untuk pemintaran. Mekanik yang selama ini lebih familiar dengan konvensional, otak mereka diajak ke elektronik. “Tujuan training agar semua mekanik yang pakai aRacer akan maksimal menggunakan semua fiturnya. Menjadi paham betul berkreasi seperti mereka paham mamainkan konvensional,” sebut Freddy Gautama dari USR.

Training tersebut bekerjasama dengan Eddy Saputra. Tahu sendiri dia punya orang yang punya Ohlins Indonesia dan di Asia pemilik Yamaha Finson bermain di ARRC. Dia dikenal paham memainkan sofware dan hardware ECU. “Jadi yang ditraining mekanik yang ingin memperdalam soal elektronik,” kata Eddy yang trainingnya berlangsung di markas Ohlins di kawasan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Training angkatan pertama ini baru diikuti 8 peserta dari mekanik yang bekerjasama dengan aRacer. Mereka diajari lebih dalam mengenai software dan hardware. Juga pengetahuan instalasi, memainkan fitur yang tersedia pada ECU, setting manual dan setting di mesin dyno.

Training yang berlangsung akhir Juni 2016 itu, ternyata ketahuan pemahaman terhadap ECU belum seragam. Maksudnya, para peserta hanya bertindak atas feeling dan belum mengkoneksikan dengan data real. Makanya itu pentingnya belajar, hehe. MM

BACA JUGA

Drag Bike 2016: Jupiter Z Alias Jupie 130 Pele (Injeksi), ECU aRacer RC1, Tembus 8.2 Detik!

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang (Seri 2), ECU BRT (Juken 3) VS aRacer (RC1 Gold)

IRS Sentul 2016: Honda Dream Cup 150cc, Juaranya Febriansyah, ECU aRacer

Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul (seri 1), R15 Rider Pro, ECU aRacer vs BRT Juken 3

ECU aRacer RC-Mini 4 Channel; Buat Street Racing Semudah Setel Karbu

BAGIKAN