nhk

Tris Wahyudi; Spesialis Knalpot Racing, Tambah 30% Performa Dari Cream-Pie!

 

 

ManiakMotor – Dalam teorinya, 30% performa ‘kuda pacu’ dipengaruhi knalpot. Apalagi teori pedagang, angka itu dibesar-besarkan. Kendati yang dibicarakan 30% tersebut adalah cerita dari pelat titanium yang benar-benar mahal untuk racing yang dihitung dengan cara racing sejak mesin dirancang bangun. 

Angka 30 persen itu yang dikejar para pengrajin knalpot di Indonesia dengan berbagai teknik riset dan bentuk. Sebab dari bahan, desain dan lekukan knalpot ikut menentukkan karakter motor. Karena tidak sekadar bentuk, tapi harus bisa mereproduksi kembali bahan bakar segar diumpan lagi ke ruang bakar. 

Berbekal pengalaman itu, Tris Wahyudi coba melihat peluang itu serius. Ayah dua putra ini coba memproduksi knalpot berlabel Cream-Pie.  Nama-nama mekanik kondang seperti Mlethis, Potter, Widya Krida Laksana alias Gendut Ridlatama sudah membuktikan racikan knalpotnya. 

Bersama 10 karyawan, pria  akrab disapa Nto-Nto itu memulai usahanya sejak 2006 lalu. “Tantangannya memang berat karena begitu banyak produk knalpot lokal. Namun riset serius dan konsisten, saya dapat menembus pasar. Bahkan telah melayani sekitar 300 knalpot/bulan, selain pesanan Jawa dan luar Jawa, juga permintaan Malaysia,” bukanya sambil sebut markasnya ada di Jln. Sampakan, Berbah, Sleman, Jogjakarta.   

Menurut Haris Shakti Wibowo alias Mlethis, “Poin pentingnya siap melayani desain knalpot sesuai dengan permintaan mesin. Bisa merubah header, diffuser ataupun silincer.  Ini perlu ketekunan riset,” kata Mlethis saat jumpa di event Sragen beberapa waktu lalu. 

Fokus pengembangannya saat ini untuk road race, mengarah pada bahan stainless ovaldan bulat kisaran Rp 1-1,5 juta. Untuk  dragbike bahan non-stainless memang sedang ramai. Utamanya Ninja Standar dan Tune-Up serta Satria FU150. “Yang ingin praktis atau penggemar balap liar, dilepas untuk Satria FU 150 seharga Rp 500 ribu, sedang Ninja Standar dan Tune-up kisaran Rp 600-900 ribu,” rincinya yang juga siap melayani riset drag bike. Oke deh, info lebih lengkap  hubungi alamat Jl. Sampakan, Berbah, Sleman, Jogjakarta, atau HP : 081257777849. Ardel

BACA JUGA

Carloss Tech Spesialis Rasio (Solo); Bisa Bikin Tenaga Motor ‘Tak Ada Matinya’

Yan Motor: Mengudara Lewat Bengkel Vespa

Sulim Ahli Bubut Sasis Dari Depok

JJ Airbrush, Ekspor Ke Malaysia

 

BAGIKAN