nhk

Tutup Tensioner Rantai Keteng FU Dan Mio, Pakai Karet Dumper!

ManiakMotorBunyi seperti tikus dari mesin Yamaha Mio dan Suzuki Satria FU, sebabnya rantai ketengnya kendur. Mencicitnya tikus got besar semakin menjadi ketika tutup nut tensioner-nya dibuka. “Kadang tak perlu diganti, cukup disetel tensioner, udah beres,” kata Suwuyo dari Woyo Motor di Danaraja, Purwanegara, Banjarnegara, Jateng.

Tapi untuk tulisan ini, Woyo bukan akan cerita penyetelan dan ganti tensioner tadi. Itu nanti pada tulisan berikutnya. Dia hanya mengingatkan tutup nut tensioner  itu kelihatan sepele dan biasanya usai dibuka lupa dikembalikan. Juga banyak disikat tikus berbulu domba, manusia kalee. “Bila  tutupnya tak terpasang, juga memicu bunyi tikus besar. Tutup asli Mio dan FU hanya Rp 12 ribu,” tambah Woyo.

Bukan masalah 12 ribu brosist! Ini pola pikir kalo ada yang lebih murah dan bermanfaat, kenapa tidak? Nah, pakai saja karet dumper buat rem teromol belakang. Ambil pentol di ujung damper-nya. Pentol itu desainnya persis tutup tensioner rantai keteng FU dan Mio, tinggal gunting dan pasang.

Ya, lumayan  selisih lebih murah Rp 4.000 ketimbang beli aslinya. Karet dumper pun masih bisa digunakan pada teromol. Berarti keuntungannya ganda, beli satu dapat dua..! Ardel

TIPS LAINNYA:

Menambah Diameter Paking Silinder Bore-Up, Rapi Jali!

Rojok Spuyer, Dari Dulu Sampai Detik Ini..!

Busi Panas Dan Dingin, Silaken Disesuaikan Dengan Iklim

Reamer (Perbesar Diameter Venturi) Karburator, Tidak Asal Besar..!

Setel Klep Satria FU Dan Ganti Shim-nya



BAGIKAN