nhk

TwinBoss, Yamaha Ala Dragbike Bermesin Ganda, Kocek Modif Satu Unit Mobil Murah

Yamaha RX-Z, MAEPS, Malaysia lead

ManiakMotor – Di Malaysia telah berlangsung pameran Art of Speed Malaysia (ASM), mobil dan motor. Lokasinya di Malaysia Argo Exposition Park, Serdang yang menampilkan modifikasi motor dan mobil – termasuk kendaraan lawas masih mulus – suku cadang dan aksesoris. Menariknya, pengunjung mendapat hadiah di antaranya TwinBoss.

Drive primer menggunakan rantai agar kedua mesin bisa bekerja secara bersamaan

TwinBoss berupa modifikasi motor bergaya dragbike bermesin ganda Yamaha RX-Z. Modifnya sih tidak berat-berat amatlah, malah tergolong ringan. Layak diangkat lantaran sodara RX King ini sudah tidak diproduksi, tapi lagi booming di negeri jiran dan banyak diburu. Harga cukup tinggi dalam kondisi mulus.

Gagasan membangun TwinBoss datang dari Asep Ahmad Iskandar, pendiri dari acara pameran ASM di awal tahun. Ia dibantu sekelompok orang yang mahir di soal modifikasi. Barang-barang yang dibutuhkan terkumpul sampai April 2017. Termasuk dua unit Yamaha RX-Z yang mesinnya dikanibal untuk dragster.

Tangki, jok dan sepatbor menyatu dari aluminium

Insinyur utama yang menyulap RX-Z menjadi TwinBoss Irwan Cheng dari bengkel FNG berlokasi di Ipoh yang ditemani oleh Sunway dari Beautiful Machines. Keduanya banyak dibantu oleh Amir Hashim dari Legend Racing Garade untuk soal tenaga motor.

Untuk menggabungkan kedua mesin RX-Z sasis pun dibikin tentu lebih panjang. Pada

Mau melihat atas mesin, cukup diangkat tangki dan sadel yang menyatu. Kayak dragrace Funny Car

bagian atas menggunakan pipa dengan berbagai ukuran. Sedang yang bawah menyerupai lempengan besi berlubang-lubang meengandalkan CNC dirancang oleh CATIA menandakan teknologi terkini. Termasuk model lengan ayunnya (swing arm). Nyeni bangat!

Kedua mesin agar bisa bekerja secara bersamaan, drive premer dihubungkan menggunakan rantai sebagai penggerak. Jadi, pada bagian drive primer dikasih mata rantai. Dengan gerak bersama, kapasitas mesin pun jadi 270 cc, setara dengan motor sport menengah 4-Tak.

Asep (topi merah) dan tim pembuat TwinBoss

Tangki bahan bakar dibuat dari aluminium sekaligus berfungsi menutupi sasis atas. Lucunya, tangki tersebut menyatu sama tempat duduk dan spatbor dan bagian ini bisa diangkat jika ingin akses ke mesin. Mirip-mirip sama dragrace funny Car.

Ban pakai Pirelli Diablo Supercorsa yang diikat oleh garpu ori RX-Z untuk depan. Hanya, posisi  lebih dimiringkan. Untuk modifikasi ini, Asep bilang menghabiskan dana sampai 40.000 ringgit Malaysia setara Rp120 juta(seharga mobil murah Datsun GO atau sejenisnya). Untuk menutup itu, Asep berharap dari sekitar 3000 pengunjung yang dikenakan biaya 15 ringgit. Maliq

 

BAGIKAN