nhk

Uccio Yakin, Rossi Juara MotoGP 2017 Saat Lorenzo Minggat, Vinales Sibuk Adaptasi Dengan M1

Uccio dan Rossi
Uccio dan Rossi

ManiakMotor – Uccio Salucci adalah teman sangat dekat Valentino Rossi sejak bocah. Sampai sekarang menjadi penasehat Rossi di luar dan di dalam paddock. Pandangan Uccio merupakan gambaran strategi dan harapan Rossi ke depan. Macam yang ia ceritakan soal cabutnya Jorge Lorenzo ke Ducati dan munculnya Maverick Vinales.

Transisi antara Lorenzo pergi dan Vinales datang ini, menurut Uccio kesempatan Rossi meraih juara ke-10. ‘Penganggu’ Rossi dari dalam tim saat ini berkurang. “Suasana tim saat ini sangat fantastis. Jorge (Lorenzo) sangat kuat dalam satu tim yang saat ini sudah hilang. Vinales mungkin masih butuh satu tahun untuk adaptasi,” kata Uccio yang setiap saat melayani kebutuhan majikannya, eh temannya itu.

Inti cerita Uccio, Rossi memanfaatkan kurangnya ancaman untuk juara dunia dari pengguna sesama M1. Tahu sendirilah yang disebut Uccio bahwa si Lorenzo sangat kuat, penganggu sesama pemakai Yamaha dalam satu kubu. Buktinya seperti 2015 Rossi memang gagal juara dunia karena direbut Lorenzo. Tahun lalu pun walau tidak terjadi persaingan juara, tapi beberapa kali terjadi ketegangan yang memengaruhi penampilan The Doctor.

Kira-kiranya begini, Lorenzo kuat hanya dengan Yamaha, pakai Ducati belum tentu. Untuk jadi kuat pun butuh penyesuaian dan paling kurang butuh setahun. Musuh yang dihadapi Rossi otomatis di atas kertas hanya Marc Marquez. “Kalau Vinales harus dilihat dalam setahun ini soal kinerjanya bersama Yamaha. Dia masih punya kesampatan banyak ke depan, jauh lebih muda dari Valentino,” kata Uccio saat bercerita di sela reli Monza lalu yang digambarkan di MCN.

Omongan Uccio ini bisa saja untuk minta ‘pemakluman’ dari Vinales. Maksudnya sebagai anak baru di Yamaha, ya beri kesempatanlah pada anak lama yang sebentar lagi pension untuk meraih ambisinya. Walau namanya balapan, kalau ada kesempatan pasti akan dimakan oleh Vinales demi karirnya ke depan juga.

Tapi itu tadi, maksud omongan Uccio, si Rossi masih bisa menangani Vinales untuk tahun pertama. Bisa ditangangi lewat kebijakan Yamaha, mengingat Rossi masih jadi ikon jualan garpu tala. Di saat sama, Vinales masih dalam sebutan adaptasi. Mungkin. Ito

BAGIKAN