nhk

V-Belt Continental Kuat Untuk Semua Matic/Scooter, Adonan Karet, Serat Kaca Dan Kimia

V-Belt Continental

ManiakMotor – V-Belt CVT itu campurannya banyak sehingga bisa elastis mentransfer tenaga matic dari mesin ke roda. Bukan hanya elastis, tapi juga kokoh agar irama mesin dan roda bisa bersamaan. Di saat sama harus awet.

Itulah yang disodorkan V-Belt CVT yang berlogo Continental. Cover atau penampang alias permukaannya sudah didesain pakem. “Itu karena campuran karet dan glass bersama unsur kimia. Intinya konstruksinya harus tahan untuk kebutahan matik,”  jelas Hangky Kurniawan dari PT Trivera yang memasarkan sabuk CVT.

Dicontohkan soal adonan atau susunan karet dengan serat kaca atau yang disebut glass cord tension. Formula ini akan memanajemen daya tahan sabuk pada tarikan antara lilitan puli depan dan belakang. Tentu saja saat sedang dinamis atau bergerak. Dia akan stabil saat berputar sehingga tak muncul motor jadi ajrut-ajrutan.

Selain itu ada yang namanya Polychloroprene. Ini unsur kimia untuk pencampuran pada karet sehingga itu belt nggak mudah aus. Kuat untuk tenaga dari mesin ke roda sepanjang bergerak tetap sama. Bahkan sudah digunakan di motor-motor matic yang dipakai di drag bike dan road race, bro. Mereka pada juara sih.

Ada lagi unsur aditive pencampuran pada karet yang disebut Polyamide. Ini memaksa struktur karet dan serat tetap fleksibel. “Gigi pada belt bentuknya tidak mudah berubah. Tetap sama walau dia panas dan menempuh jarak yang panjang,” pungkas Hangky sembari meminta selanjutnya untuk mengklik website Trivera di sini. MM

BAGIKAN