nhk

Valentino Rossi Kenalkan Yamaha Xabre 150 Di Bali, Tren Baru Berkendara Indonesia

 

ManiakMotor – Yamaha Xabre diklaim Yamaha Indonesia (YI) berteknologi MotoGP. Cocoklah YI  memanggil  Valentino Rossi untuk menyemarakan peluncurannya pada 26 Januari 2016 diThe Mulia Nusa Dua, Bali. Rossi yang membula selubung Xabre sehingga terlihat ke seluruh dunia.

Teknologi MotoGP itu ada pada silinder yang bahannya  DiASil Cylinder dan piston model tempa alias forged. Dan yang paling kelihatan di MotoGP adalah suspensi depan up side down. Wah, YI yang punya terobosan tabung sokbreker di atas yang bukan di bawah alias terbalik. Kapasitas olinya yang banyak dan berbagai onderdil di dalamnya bikin nyaman berkendara. Guncangan boleh diredam lebih bagus.

Nama Xabre (baca saber) adalah pedang yang panjang yang sabetannya bisa bercahaya dan tajam. Kalau di Sulawesi sana disebut tiga strip alias sabele yang digesek-gesek di aspal. Diharapkan juga tajam di pasar dan tajam performanya. Kelihatannya memang ditujukan untuk berkendara yang asyik. Katanya sih buat anak muda, tapi yakin deh bapak-bapak dan kakek-kakek juga nggak masakah. Sebab tipenya semi cruiser dengan setang tinggi, tangki bahan bakar yang pendek tapi tinggi dan telanjang alias tanpa fairing.

Xabre jadi motor yang mudah dihandling seperti khas produksi Yamaha. Sasis delta box kompak dengan  mesin 150cc LC4V Fuel Injection. Mesin SOHC dengan diameter silinder 57mm dan langkah piston 58,7 mm pas menariknya. Model mesin begitu diklaim Yamaha hingga saat ini tidak mampu diikuti oleh kompetitornya dan lebih dari 2,5 juta konsumen telah membuktikannya dengan daya jelajah yang sangat jauh hingga ratusan ribu kilometer.

Dikombinasikan dengan 6 perpindahan kecepatan sehingga power dan tenaga yang dihasilkan  merefleksikan desain konsepnya. Yaitu : “Street Extreme Show Off Style, Confidence Riding Position, Fun Riding Performance.

 

Nih penjelasannya dari versi Yamaha:

STREET X-TREME SHOW OFF STYLE

Desain terbaru yang modern, ini menampilakan arah “Mass-Forward, Massive & Compact Desain”.

 Mass-Forward Design

Desain tangki bahan bakar yang pendek tapi tinggi (permukaan atas 45 mm lebih tinggi dari R15). Tangki ini dikombinasikan dengan air scoop atau saluran udara yang membujur pendek. Ekor yang pendek dan bagian samping yang pipih, kesannya berotot, ringan dan lincah. Sedang padatnya terpusat bagian tengah atau tepatnya di bawah tangki bahan bakar bersama mesin.

Massive Design

Ekspresi karakter Xabre “Besar Padat” karena Cover Body yang kompak sehingga berkesan berotot &  bertenaga. Dan kesan sangat kuat dari tampilan USD (UpSide Down) suspensi depan yang tabung atau  inner tube berdiameter  37mm.

 Compact Design

Ukuran mesin yang tepat bersinergi mampu menguatkan kesan mudah digunakan. Panjang bodi yang terlihat compact, dari lampu depan ke lampu belakang panjangnya sangat ideal. Jarak antara head lamp dengan swtang (steering axis) hanya 250mm (lebih pendek setengahnya dari R15). Posisi lampu belakang tepat sejajar dengan as roda belakang, maka kelihatan ekor pendek. Sementara bagian lain dibuat kesan “tipis”, seperti LED lampu depan, lampu belakang dan pengaplikasian “Compact Full digital LCD” dengan digital Instrument Cluster type Negative (Multi display information) dan tiga tingkat kecerahan, yang semakin memberi kesan “sangat tipis” dan sangat compact.

CONFIDENCE RIDING POSITION

Posisi duduk Xabre jadi  tegak karena setang lebar rada tinggi untuk berkendara di jalan perkotaan yang padat tapi enak diajak bermanuver . Cara ini berbeda dengan dengan naik R15 yang kudu tiarap seperti di sirkuit. Ini tren mengendara terbaru di Indonesia dengan Xabre, walau sudah banyak yang menguah V-Ixion meninggikan dan melebarkan setangnya. Pkoknya akan ditemukan experience drifting riding style. Fuel Tank dan Air Scoope-nya membuat tampilan pengendara tampak ramping, keren & membuat pengendara tampil percaya diri. Nah kalau konsumen yang gemuk nggak perlu diet, cukup beli Xabre, hehe.

FUN RIDING PERFORMANCE (3D Riding Enjoyment)

Berbasis mesin langkah panjang menghasilkan akselerasi/tarikan awal ideal.  Dipadukan dengan suspensi up side down depan dengan langkah kerja 130mm, rangka DELTA BOX & Alumunium Die-Cast Swingarm menjadikan kombinasi gesit. Mudah mengubah arah bodi motor, stabil dan bermanuver (High Rigidity). Didukung ban bertapak lebar (depan 110/70 dan belakang 130/70). Semua keunggulan tersebut diracik oleh Engineer Yamaha untuk Xabre. “Pasar sepeda motor Indonesia benar-benar disegarkan dengan hadirnya Xabre,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lets Go, Riding with New Style !

Xabre punya tiga warna yang gagah yaitu Silver Clarent (silver), Gunmetal Katana (abu-abu), Black Dagger (hitam). Harga on the road Jakarta Rp 29.800.000. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Yamaha Xabre 150; Diluncurkan Rossi Di Bali, Supensi Up Side Down (Sejarah), MT15 Juga Bro

MotoGP 2016: Valentino Rossi Di Bali Luncurkan Yamaha MT15, Sport 150 cc Suspensi Up Side Down

MotoGP: 2016 Rossi Tertua Di Grid, Miller Termuda, Spanyol 9 Pembalap, Italia Hanya 4

MotoGP 2016: Rossi Nongol Di Indonesia, See You Soon in Bali..!

Gigi Close Ratio/Rasio Moto 1 Racing Satria FU; Ampuh Untuk 200 Sampai 500 Meter (Liaran)

 

Spesifikasi Xabre

 

DIMENSI

 
   

P X L X T

1959mm X 795mm X 1065mm

JARAK SUMBU RODA

1350mm

JARAK TERENDAH KE TANAH

164mm

TINGGI TEMPAT DUDUK

805mm

BERAT ISI

135 kg

KAPASITAS TANGKI BENSIN

10.2 L

   

MESIN

 
   

TIPE MESIN

4 Langkah berpendingin cairan, SOHC

JUMLAH / POSISI SILINDER

Silinder tunggal / Tegak

DIAMETER X LANGKAH

57,0 x 58,7 mm

PERBANDINGAN KOMPRESI

10,4 : 1

DAYA MAKSIMUM

12.0 kW/8500 rpm

TORSI MAKSIMUM

14.3 Nm/7500 rpm

SISTEM STARTER

Elektrik starter

SISTEM PELUMASAN

Basah

KAPASITAS OLI MESIN

Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L ; Ganti filter oli = 1,00 L

SISTEM BAHAN BAKAR

Fuel Injection

TIPE KOPLING

Basah, Kopling manual , Multiplat

TIPE TRANSMISI

Constant mesh 6-kecepatan

POLA PENGOPERASIAN TRANSMISI

1-N-2-3-4-5-6

   

RANGKA

 
   

TIPE RANGKA

Diamond

SUSPENSI DEPAN

Teleskopik

SUSPENSI BELAKANG

Swingarm

BAN DEPAN

110/70-17M/C 54S

BAN BELAKANG

130/70-17M/C 62S

REM DEPAN

Single disc brake

REM BELAKANG

Single disc brake

   

KELISTRIKAN

 
   

SISTEM PENGAPIAN

TCI

BATTERY

GTZ4V / YTZ4V

TIPE BUSI

NGK/CR9E

BAGIKAN