Valentino Rossi, Tim Satelit Era Modern Setara Pabrikan, Bukan Menghibur Diri..?

ManiakMotor – Memang Valentino Rossi bukan menghibur diri karena MotoGP 2021 ‘terpaksa’ terdampar di Petronas Yamaha SRT. Ya di tim satelit Yamaha. Tapi memang ada fakta yang ia tunjukan, termasuk dirinya akan menggebrak dengan tim independen tersebut.

Di umurnya sebentar lagi 42 tahun, Rossi berpisah dengan pabrikan Yamaha yang sejak 2004 dia bela – ada selingan dua tahun dengan Ducati 2011-2012. Rossi ke Petronas dengan kontrak tetap lewat Yamaha pabrik bersama motor akan sama dengan pembalap pabrikan. Corak Petronas, di paddock Petronas dan beberapa kru juga Petronas, beberapa lainnya bawaan Rossi.

“Bagi saya, ada keuntungan di tim pabrik. Misalnya, di sana banyak yang menangani  motor. Akhir pekan juga fokus pada kinerja. Ada juga kerugiannya di pabrikan,  banyak hal yang harus diuji untuk Yamaha sepanjang tahun. Karena pabrik bertanggung jawab untuk pengembangan. Tapi belakangan yang dikembangkan di Yamaha terpaku pada satu hal yang lama telah saya beri masukan. Apakah itu digunakan, tanya pada mereka,” terang Rossi seperti kecewa soal masukannya pada pabarikan.

Dari pengamatannya, tim satelit belakangan justru berkembang. Termasuk dia beberkan peringkat ke-2 dunia 2020 adalah pembalap satelit, tak lain adalah muridnya di tim yang akan dibelanya 2021. Yakni si Morbidelli.

Juga disodorkan data sejak 2004 podium dalam satu laga dikuasai satelit. Yakni  di Potimao, Portugal, yang isinya  joki satelit. Juaranya Miguel Oliveira (Tech3), kedua Jack Miller (Pramac) dan ketiga Morbidelli (Petronas).

“Bahkan sejak kualifikasi juga sudah terbaca. Pembalap pabrik terbaik di kualifikasi ada di grid ke-7. Di depan mereka adalah pembalap tim independen. Kecuali satu pembalap test yang ke-6,” tutur Vale yang maksudnya ke-6 tersebut adalah Stefan Bradl penggantinya Marc Marquez di Repsol Honda. Raider

BACA JUGA

Jelang MotoGP 2021: Pecco Bagnaia, Pasti Berubah Dengan Tim Pabrik Ducati..!

MotoGP: Marc Marquez Sebelum Bedah Ke-3, Akui Juara Dunianya Joan Mir..!

MotoGP: Infeksi Lengan Marc Marquez Sampai Sum-Sum Tulang? Itu Bahaya..!

MotoGP: Suzuki Lagi Rancang Tim Satelit MotoGP 2022, VR46 Kah Timnya?