nhk

Variasi Motor: Penampakan Monosok Ohlins Untuk Yamaha R25, Murah..!

 

ManiakMotor – Monosok Ohlins disebut murah karena ukurannya harga Yamaha R25.  Sokbreker ini taksirannya sekitar Rp 7.5. Dibilang masih ditaksir, karena saat ini sedang disempurnakan di pabrik Ohlins di Swedia. Instruksinya tentu datang dari Ohlins Indonesia untuk bikin nyaman peredam kejut belakang R25.  Ohlins, geetu loh.

Dari penampakannya, ini Ohlins dilengkapi fitur penyetel rebound atau kompresi memanjang 22 klik. Juga ada kompresi memendek yang jumlah setelannya sama, ya 22 klik juga. Ada lagi kelebihannya pada pre load alias posisi sokbreker saat tidak punya beban (bebas) juga bisa disetel. Tinggal tergantung bobot sampeyan dan jalanan sehari-hari dilewati R25.

Fungsi suspensi adalah kenyamanan dan keamanan. Begitu dapat nyamannya, tinggal gas dan hati-hati lupa rem. Itu makin idapat pakai suspensi berkualitas, saat terjadi ayunan mendadak, sokbreker macam Ohlins ini yang segera mendiamkan ayunan. Ketika motor terkejut-kejut segera diredam oleh sokbreker. Makanya namanya peredam kejut. “Tunggu saja sebentar lagi datang, lagi dikemas di Swedia,” kata Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia.    

Monosok keluaran Ohlins buat R25 ini tidak menggunakan istilah high comp. Sebab menurut para insiyur Ohlins yang baru lalu datang ke Indonesia, kompresi tinggi pada sebuah sokbreker hanya dibutuhkan di motocross. Di arena itu, fungsi high comp untuk meredam special engine saat terbang tinggi dan mendarat.

Biasanya sih saat motocross mendarat tak beraturan seperti crosser amatir. Kalau crosser professional mereka sudah tahu cara mendaratkan motor dengan mulus. “Di MotoGP saja yang tenaga mesinnya besar, high comp tidak digunakan, karena memang tidak berfungsi. Kan di jalan aspal yang tidak perlu terbang-terbang,” jelas Paul Trevathan, teknisi Ohlins yang menangani suspensinya Dani Pedrosa saat bagi-bagi tips suspensi dua minggu lalu di Sentul.

Lebih lengkap soal Ohlins silakan tanya ke PT Madani Sentra Multi Jasa atau Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya No.70, Menteng, Jakarta Pusat 10330. Boleh telepon +6221-3161606. PIN BB 74F51D11. Boleh juga ke website http://www.suspensi-ohlins.com yang ada di home maniakmotor.com. MM

BACA JUGA

Variasi Motor: Noken-as TK-Racing Untuk Satria FU

Variasi Motor: Knalpot Akrapovic Ninja 250 & Z250, Jaminan Perfoma

Variasi Motor: Klep UMA Racing, Banyak Ukuran Dan Kuat

Variasi Motor: Adaptor Pijakan Kaki Yamaha R25 Dari HRP

BAGIKAN