nhk

Velg Racing Boy (RCB) Wajib Kejurnas Balap Motor; Bahannya Almuminium, Balance Yang Prima

ManiakMotor – Harusnya minggu ini lantaran ronde pertama One Prix 2020 di Sentul Kecil, Bogor, Jabar berlangsung 29 Maret. Lantaran wabah Corona, seri pertama ini ditunda sampai diumumkan kemudian oleh panitia. Padahal, velg RCB sudah siap untuk digunakan secara resmi sesuai peraturan homologasi dari PP IMI yang mengurusi balap motor.

Okelah tunggu saja. Mari tengok kelebihan velg RCB tipe SP522 yang wajib dipakai di kejurnas balap motor. Dengan berbagai referensi teknis Velg Racing Boy (RCB) terpilih jadi velg wajib kejurnas balap motor sejak 2020. Itu telah disahkan pada peraturan teknik balap motor PP IMI. Tertuang pada buku peraturan kejurnas pada halaman 29 point 7. Di situ tertulis; velg/rim yang boleh dipergunakan adalah merk RCB dengan ukuran minimal lebar tapaknya 1.60 inci.

Bahan mutu tinggi

RCB terpilih lantaran punya keunggulan. Cerita keunggulan velg apalagi yang sifatnya sangat statis menggeliding membawa beban, tentu saja pada bahan, “Yang jelas materialnya dari aluminium kualitas terbaik untuk bahan velg. Namun jenis dan tipenya belum bisa dipublis, karena itu dapur produksi RCB,” papar Rio Tan pimpinan teknik dari PT Enwan Multi Partindo yang jadi distributor velg RCB di Indonesia.

Bila ditelusuri aluminium bahan tertinggi untuk umum yang terjangkau khalayak adalah tipe T7. Namun T7 ini serial nomornya sangat banyak. Nomor berapa yang digunakan, itu tadi rahasia. Tipe aluminium ini dilebur dalam tempratur yang sangat tinggi dengan tekanan yang tinggi pula. Hasil akhirnya tidak akan stress dengan tarikan sampai 2 ribu kali seperti kamu mengisi psi ban motor. Maka pantas velg RCB sangat stabil rotasinya dan kekakuannya selalu menyesuaikan saat menapak pada lintasan.

Bisa-bisa-nya velg RCB bisa dijual dengan harga yang terjangkau di Indonesia. “Itu tadi rahasia bahannya. Teknologi mesin pembuat dan pencetak atau casting aluminiumnya jadi velg juga sangat berpengaruh. Termasuk para insinyur yang membuat formula velg RCB,” timpal Achib Putro, head marketing PT Enwan.

Bahan jaminan mutu ini bukan hanya teori. Tatapi bisa dilihat dan dirasakan langsung terutama yang telah menggunakan velg RCB SP522. Di balap motor yang paling dipertimbangkan bobot yang ringan, lalu balance keseimbangan saat berputar. Mendeteksi balance sangat mudah terhadap motor. Kalau velgnya tidak sesimbang pasti akan muncul getaran yang hebat.

Bisa diperiksa juga pada mekanik. Mereka tak menggunakan timah balance pada RCB. Pokoknya rotasi velg ini seimbang lantaran bahan dengan mesin yang presisi pencetaknya. MM

BACA JUGA

Logo Velg Racing Boy (RCB) 2020 Produk Resmi Kejuaraan Nasional Balap Motor Indonesia

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353