nhk

Versi Penyegaran Yamaha Tricity 155; Roda Tiga Butuh Jalanan Lebar

ManiakMotor – Barusan ketemu matik tiga roda yang mereknya Piaggio MP3. Di jalanan lumayan macet, motor ini kurang gesit selap-selipnya. Lebih lincah dan muat di celah sempit yang dua roda. Soalnya  dua roda MP3 yang depan memakan ruang jalan lebih lebar. Di jalanan 1 jalur berlawanan, harus mikir panjang menyalip saat lalu lintas ramai.

Itu hanya gambaran dengan seriusnya Yamaha pada Tricity 155 terbaru mereka. Tricity terbaru  ini akan resmi dijual  September 2016 mendatang. Saat ini versi penyegarannya  masih dalam tahap proses produksi di Yamaha Thailand. Kalau sudah sebut Thailand dekat lagi ke Indonesia.

Tentu saja kalau di Jabodetabek, model motor seperti ini akan kalah jauh dengan yang roda dua, di mana jalanan sudah sangat sempit. Kecuali hanya untuk panjangan dan jalan-jalan sore. Atau sekalian motor untuk status. Itu beda ceritanya.

Lanjut pada Tricity terbaru. Ini matik bermesin 155cc, satu silinder, berpendingin cairan, dan 4-stroke. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 14,8 hp pada 8000 rpm. Torsinya 14,4 Nm pada 6000 rpm. Lumayan untuk putaran cepat dari rpm bawah.

ambahan laiinnya adalah kapasitas tangki bahan bakar juga diperbesar menjadi 23,5 liter dari sebelumnya 20 liter.  Yamaha Tricity juga mendapatkan penyesuaian untuk bagian kaki- kaki. Kaki depan menggunakan pelek 14 inci ban 90/30 dan pelek belakang 13 inci dengan ban 130/70. Jangan heran lingkaran roda depan dan belakang yang berbeda, karena roda tiga.

Selain dipasarkan untuk  Negara Eropa seharga €4499 (US$5000) atau setara dengan Rp 68 jutaan, Yamaha Jepang juga akan melirik pemasaran wilayah domestik dan wilayah Asia. Wah masih mahal. Padahal  inovasi  Yamaha Tricity ini timbul karena tergiur larisnya N-Max. 

Tapi dengan harga segitu, memang layaknya untuk kalangan menengah ke atas. Mereka tak butuh selap-selip di padatnya lalu lintas. MM

BACA JUGA

Yamaha Xabre Speed Block Dihadirkan Untuk Maniak 60 tahun Yamaha

Piaggio Indonesia Keluarkan Empat Motor Sekaligus, I-Get (Italian Green Experience Technology)

Tes Ride Honda Supra GTR 150, Tenaga Besar Anti Panik Bagi Pengendara

Peluncuran Honda Supra GTR150: Bebek Mutakhir Generasi Supra Mandra, Mesin DOHC Dan Monosok

Terobosan Terkini Piaggio Medley, Matik Canggih

 

BAGIKAN