nhk

Vins Dueinquanta, Karya 5 Tukang Insinyur F1, Ada Teknologi Jet Darat

Vins, 5 Insinyur, motor

ManiakMotor – Lima insinyur yang pernah gabung di tim F1 Ferrari bikin motor. Kebayang dong, kecanggihannya karena teknologi di jet darat itu berada jauh di depan. Jadi pertanyaan, adakah teknologi dari F1 nyangkut di motor yang mereka namakan Vins Duecinquanta (VD) itu.

Saluran udara untuk mendinginkan mesin dua tak

Di bawah bendera perusahaan Vins, sebenarnya kelima tukang insinyur bukan yang pertama bangun VD. Mereka beberapa tahun lalu sempat punya sepeda motor 100 cc dan 250 cc. Bahkan, mesin kecil V-twin 50 cc pernah dipakai dan terpasang di sasis dari serat karbon.

Bahan terakhir ini memang sangat dominan di F1 dan banyak dipakai pada VD yang dipasang mesin V-twin 244 cc. Mulai dari sasis, body sampai kedua pelek mengandalkan serat karbon. Jelas, ringan bangat meski tak disebutkan bobot kendaraan.

Lutut dan paha terkunci di tangki

Menarik lagi, tenaga mesin bisa disetel. Untuk di jalan raya punya tenaga maksimum (dari mesin) 80 PS. Jika di trek bisa dinaikkan dengan cara disetel menjadi 90PS. Diklaim mampu melesat sampai 238 km/jam.

Kemudian perhatikan desain suspensi. Depannya dirancang dengan segitiga ganda, mirip

Suspensi model horisontal pernah dipakai motor balap Yamaha

sama Telelever yang dipakai pada BMW. Trus suspensi belakang, model monosok yang tidak lazim dengan posisi horisontal. Desain seperti ini, pada F1 tepat berada di depan kemudi. Atau seperti di Yamaha OW61 yang dipakai balap GP500 cc atau V8 Drysdale.

Ciri F1 lainnya, untuk mendinginkan mesin bukan saja dibantu pakai radiator yang dipasang di bawah tangki. Ini bukan hal yang istimewa, tapi juga memanfaatkan angin yang disalurkan melalui fairing (di samping lampu utama).

Tampilan sederhana, tapi lajunya tinggi. Maliq

BAGIKAN