nhk

Waduh!! Honda ‘Bunuh” CBR650F 2017 Di India, Ini Penyebabnya

Honda-CBR650F, India

ManiakMotor – Pada akhir tahun lalu Honda memperkenalkan moge kelas menengahnya CBR650F 2017. Peluncuran dilakukan bersamaan pameran sepedamotor EICMA di Italia. Biasanya, India dan Cina jadi sasaran penjualan untuk menyaingi pangsa pasar Eropa.

Rencananya, perkenalan di negeri Bollywood dilakukan Juni lalu namun tidak jadi. Tapi, Honda CBR650F tetap datang ke India dan dipasarkan tanpa prosesi peluncuran. Boleh jadi, Honda ingin tes pasar.

Hasilnya, cukup mengagetkan. Dari laporan data SIAM (Sociaty of India Automobile Manufactures) bahwa selama Juli ini belum satu unit pun lepas ke tangan konsumen (terjual). Dengan kondisi ini, konon Honda akan ‘membunuh’ (hentikan dijual) CBR650F di India.

Ada tiga indikasi kuat mengarah ke situ. Pertama, Juli tidak satu unit pun terjual seuai laporan SIAM. Kedua, pada halaman web resmi Honda, prinsipal sayap mengepak itu sudah menarik tabel harga yang sempat muncul beberapa minggu lalu. Terakhir, dealer yang dipanggil melaporkan kalau mereka tidak menerima pesanan.

Padahal, CBR650F 2017 mendapat beberapa perubahan teknis. Mulai dari mesin, performa dan torsi lebih tinggi, rideability lebih baik dan knalpot yang diklaim posisinya sudah lebih tinggi. Di Jepang sendiri diluncurkannya beberapa bulan lalu. Maliq

BAGIKAN