nhk

Wajah Baru Yamaha R15 2016, Pakai Variable Valve Actuation (VVA)

                                         

 

ManiakMotor – Yamaha R15 telah genap 2 tahun mengisi hati konsumen pecinta Yamaha. Biasanya  produsen akan memberikan penyegaran atau facelift ketika menjalani tahun ke-3. Meski pihak Yamaha melalui  Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,masih belum menjawab perihal face life R 15. Telah ramai beredar gambar spy shoot wajah baru tampilan Yamaha R 15.

Unggahan gambar-gambar spyshoot dari R15 di upload pemerhati dunia maya. Gambar tersebut terekam versi tes kelayakan jalan raya ataupun sedang  parkir. Dari unggahan hasil  spyshoot yang beredar, perubahan R 15 terfokus memang tampilan bodi dan fairing tebaru yang lebih detil. Potongan antar bagian bodi lebih rapi dan berisi. Ini masih berlanjut pada tampang depan dengan lampu LED-nya.

Penyimakan ulang atau  trial and error penggunaan variable valve actuation (VVA). Teknologi VVA sakses meratakan putaran NMax. Ya boleh-bileh saja diterapkan pada R15 terbaru. VVA penting mengingat rata-rata Yamaha memiliki power di bawah. VVA akan bekerja untuk atasnya. VVA ini kalau di 2T macam Super KIPS di Ninja 150 RR akan aktif di putaran tinggi.

Atau radikal macam pakai  mesin  DOHC 150 cc dengan versi CR 11.6.1. Lalu penyegaran ECU dengan membuka limiter sampai rpm lebih tinggi yang pasti harus diikuti throttle Body lebih besar. Suspensi KYB upside down seperti Xabre atau monosok Ohlins seperti yang digunakan pada limited edition.

Kalau  ini mah sudah jadi racing. MM

BACA JUGA

Edukasi Teknologi VVA NMAX di Booth Yamaha IIMS 2016

Motor MotoGP, Bisa Disentuh Di Stand Honda IIMS 2016, Banyak Acara Dari Satu Hati

MV Agusta Redam Kebangkrutan Dengan Hello Kitty

Yamaha MT-09 Tracer Diluncurkan Di IIMS 2016, Harganya Hanya Rp 325 Juta

IIMS 2016 Kemayoran: Knalpot R9 Diskon 30% Selama Pameran, Ada Knalpot Moto3

 

BAGIKAN