nhk

Walah… Marquez Mematok Juara MotoGP 2018 Sejak Aragon

ManiakMotor – Sudah dibilang kemarin, ketiga saja di sisa seri MotoGP 2018, tetap Marc Marquez yang juara dunia. Dia unggul 67 point dari posisi kedua klasemen diduduki Andrea Dovizioso saat MotoGP sampai di sirkuit Aragon, Spanyol. Balapan di Aragon ini mulai dihelart 21 September 2018 di sana dengan sesi latihan bebas, puncaknya Ahad 23/9.

Diperkuat orangnya sendiri. Menurut Marquez, dia beruntun kekuatan Ducati baru muncul belakangan. Coba kalau sejak awal seri, berat buat dirinya, “Saya kehilangan 5 poin setiap lomba sisa, nggak masalah diambil Ducati,” papar Marquez yang artinya dengan main aman dia sudah juara dunia. Yahh, nggak acik dong!

Tenang, bukan tipe Marquez mengalah begitu saja. Apalagi tampil di Aragon yang sangat disukainya. Katanya kalau main di sini, akan keluar jagonya, “Di Aragon saya bisa membalap sangat nyaman. Apalagi di salah satu tikungan Aragon diabadikan degan nama saya,” papar Marquez yang memang tikungan 10 diberi namanya oleh manajemen sirkuit.

Bagi Marquez, di Aragon ini dia coba memperlebar kedudukannya di klasemen. Sebab, katanya – terutama Dovizioso – ingin dia melakukan kesalahan. Tujuannya selisih point di klasemen semakin dekat dan peluang Dovi kembali terbuka.

Kalau pun mendekat cukup terpangkas lima point tadi. Bila Ducati sulit dilawan, targetnya ya kedua. Akan tetapi, di Aragon justru yang berpeluang juara adalah Ducati Jorge Lorenzo. Lorenzo tahun lalu saat dia belum gesit dengan Ducati, sudah bisa podium di situ. Lorenzo juga khatam di Aragon, ketika masih di Yamaha pintar di situ.

Buat Marquez, kalau Lorenzo yang juara, ya semakin baik untuk memperlancar dia juara dunia. Dia makin meninggalkan Dovizioso kalau hitungannya dia kedua dan Lorenzo juara Aragon, “Jujur saja, Ducati lagi bagus-bagusnya saat ini. Tapi, motor saya lebih tangguh,” tutup Marquez dalam komentarnya menyambut balapan di negerinya.

Kalau begitu strateginya, sudah bisa disebut juara dunia MotoGP 2018 dong. MM