nhk

Wild Card MXGP Malah Ukurannya Dari Power Track 2016, Bukan Kejurnas Motocross?

power-track-2016-2

ManiakMotor – Tercatat 300 starter ambil bagian di Power Track seri perdana di sirkuit Tambakboyo, Ambarawa, Jateng (7-8/5). “Lima terbaik di kelas MX2 nanti, diberi wild card untuk main di MXGP atau kejuaraan dunia motocross tahun depan. Event ini akan berlangsung di Pangkalpinal, tiga musim mulai 2017,” buka Judiarto dari Lightning Production (LP),  penyelenggara.

Bagi penonton sendiri, hadirnya crosser papan atas di power track ini, adalah totonan yang punya mutu. Bisa lihat aksi  Andree Sondakh, Agi Agassi, Aldi Lazaronni, Yosua Pattipi dan sebagainya pada keterampilan mereka memainkan special engine. Apalagi ada tiga bule macam Nick Sutherland, Joel evans, dan Aaron Tanti yang basis garuk tanah mereka sangat kuat.    

Jadi pertanyaan, kenapa 5 wild card  ke motocross dunia atau MXGP itu, tidak disaring lewat kejurnas motocross?  Secara struktur, kejurnas yang tertinggi dari tiap negara. Juga bagian dari apresiasi peraih gelar juara nasional, “Idealnya memang ukurannya kejurnas. Tinggal bagaimana IMI, tapi pastinya Lightning (baca: Judiarto) punya pertimbangan sendiri,” komentar Denny Orlando, crosser senior yang berkesempatan menyaksikan langsung.

“Standart sirkuit, kemasan dan lawan uji tanding yang jadi perhatian menuju ke dunia. Bagimana dengan grapan kejurnas motocross oleh promotor daerah saat ini?” timpal Judiarto semberi bertanya. Jelas maksudnya kan. Kejurnas yang diselenggarakan oleh promotor berbeda-beda, sudah pasti berbeda pula rasanya setiap seri. Macam di Pati, Jateng lalu yang nggak memenuhi syarat, geeeetu.  

Langsung ditanggapi oleh Medya Saputra selaku Kabid olahraga roda dua PP IMI, ”Keputusan wild card untuk MXGP adanya di PP IMI. Nantinya akan kita bahas bersama, kebetulan promotor MXGP dan promotor power track penyelenggaranya sama. Bukan tidak mungkin, ada kesempatan juga buat juara motocross ikut wild card,” kata Medya yang juga menyoroti penyelenggaraan dua kali kejurnas motocross lalu di Pati dan Magelang.  

”Bagi kami sebagai peserta, peluang wild card adalah kesempatan penjenjangan ke dunia. Apa jadinya, kalo balap tak ada promotor penyelenggara. Pun begitu, memang harus diperhatikan, terutama soal standart sirkuit,” tutup Emanuel akrab disapa Imel, manager tim Emana Motocross Papua. Ardel  

BACA JUGA

Hasil Lomba Power Track Ambarawa, Jateng 8 Mei 2016

Motocross 2016; Yosua Pattipi Road To MXGP. MX2 Class

FDR-NHK MotoPrix 2016: RPM Medan Dengan Satria F150, MotoCross Juga

Kejurnas Motocross 2016 (Kejurnas) Seri 2 Magelang: Rookie Dari Papua Di MX2

Motocross 2016 Magelang (Kejurnas) Seri 2: MX2, Ancaman Rookies Vs Senior!

 

BAGIKAN