nhk

WorldSBK Aragon 2019: Dominasi Ducati Bautista, Pukulan Berat Buat Kawasaki Dengan Motor & Joki Supermahal

ManiakMotor – Alvaro Bautista masuk ke WorldSuperbike (WorldSBK) 2019, karena di MotoGP mulai nggak laku. Di kelas moge dunia ini ternyata dari tiga ronde dengan lima race bersama semua sesi dirajai Bautista bersama Ducati Panigale V4R. Ducati ini sebelumnya nggak ada apa-apanya dengan Kawasaki.

Asal tahu saja, sepuluh tahun lalu Kawasaki mundur dari MotoGP dan beralih ke WorldSBK. Investasi di SBK digeber habis dan dianggap pabrikan paling banyak menggelontorkan dananya sampai berita ini diketik. Itu setiap tahun dilakukan pada pengembangan teknologi Kawasaki ZX-10RR agar selalu kampiun di Superbike dan memang terbukti dominasi Kawasaki.

“Di MotoGP biayanya sangat mahal. Bisa 10 kali lipat dari WorldSBK. Jika Kawasaki di MotoGP dengan biaya 70 juta Euro per tahun, maksimum hanya masuk lima besar. Padahal, manajemen puncak Kawasaki mengharapkan kemenangan, tidak peduli dalam kategori balap apa pun. Yang paling realistis WorldWSBK ini. Itulah sebabnya Kawasaki berinvestasi besar di Superbike,” papar  Direktur Balap Kawasaki, Ichiro Yoda pada SPEEDWEEK.com.

Pokoknya, Kawasaki dikenal pabrikan paling kaya di WorldSBK dengan dominasi mereka selama ini di sana. Termasuk di dalamnya membayar Jonathan Rea yang dianggap, pembalap Superbike termahal saat ini. Sebelumnya bersama Tom Sykes yang 2019 ini pindah ke BMW.

Tapi sekarang dengan masuknya Bautista yang membela Aruba.it Racing, Rea seperti pemain kemarin sore di WorldSBK. Teknologi ZX-10RR pun seperti putus begitu saja oleh Ducati Panigale V4R yang digeber Bautista. Barusan atau Sabtu 6 April di sirkuit Aragon, Spanyol kembali Bautista menang telak di race-1 dengan unggul 15 detik dari posisi kedua ditempati Rea dengan ZX-10RR. Bukan itu saja, Bautista merajai semua sesi FP sampai superpole. Barusan di Superpole Race pada Minggu 7 April, lagi-lagi Bautista yang juara.

Tentu saja itu menjadi pukulan telak buat Kawasaki yang sejak masuk WorldSBK sebagai jagoan. Kawasaki harus berpikir ulang cara investasi mereka, apakah kembali ke MotoGP. Atau tetap di Superbike, tapi akan dipermalukan oleh Bautista? Ya, tunggu saja selanjutnya cara Kawasaki menangkal dominasinya Ducati dengan Bautista-nya. MM

BACA JUGA

World Superbike Aragon 2019: Udah Deh… Bautista Nggak Ada Lawan, Race-1 Kabur 15 Detik..!

World Superbike Thailand 2019: Race 2 Kembali Bautista Nggak Ada Lawan..!

World SBK Thailand 2019: Race-1 Bautista Jangoan Balapan Moge, Semua Diasapi..!

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353