nhk

WorldSSP300 Ceko: Aturan Bobot Diterapkan, Galang Hendra Jagoan FP1 & FP2

ManiakMotor – Dorna penyelenggara World SuperSport 300 memang adil. Kejuaraan dunia kelas baru itu, harus imbang. Makanya di sirkuit Brno, Ceko diterapkan lagi aturan bobot. Sebelumnya yang kapasitasnya lebih dari 300 cc, ada pembatasan (limiter) putaran mesin. Tapi aturan ini belum terlalu mempan buat Kawasaki 400 dan KTM 390.

Hasilnya Galang Hendra Pratama tercepat dua sesi Free Practice (FP) atau latihan bebas WorldSSP300 di sirkuit tersebut pada Jumat 8 Juni 2018. Galang yang bergabung dengan Yamaha Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing itu, sangat dominan. Padahal yang dilawan mereka yang sudah sangat kenal dengan Brno. Contoh yang selama ini jagoan macam Ana Carassco yang lama main Moto3. Galang sendiri, ya baru ini main di situ.

Perfoma Yamaha YZF-R3 yang didukung keterampilan Galang, best-time 2 menit 18,041 detik saat FP1. FP2 dia mencetak 2 menit 18,312 detik. Posisi ke-2 FP2 ada Scott Derou (Motosport Kawasaki) dengan  Ninja 400 dengan 2 menit 18,400 detik, ke-3 Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP Team), 2 menit 18,785 detik.

Dari hasil kedua FP otomatis  Galang langsung ke superpole 2. Semakin mempertegas bahwa Galang racer tercepat di antara pengendara Yamaha YZF-R3. Dari 40 starter di Kelas WSSP 300, terdapat 17 pembalap menggunakan YZF-R3 yang merupakan Global Model buatan Yamaha Indonesia.

Juga memperkokoh Galang sebagai pembalap bLU cRU Challenge yang memiliki potensi prestasi dimasa yang akan datang. Adapun hasil dari petarung bLU cRU Challenge lainnya di WorldSSP300 Ceko ialah Luca Bernardi (Team Trasimeno) di posisi ke-18, kemudian Hugo De Cancellis (Team Toth-Yart) di deretan ke-23 dan Denis Koopman (GRT Yamaha WorldSSP300 Team) pada urutan ke-25.

Di SP2 Galang berpotensi meraih pole-position. Lalu tinggal incar podium, kalau perlu juara. Doakan semoga Galang mampu mengibarkan Bendera Merah Putih di tanah Eropa. “Alhamdulillah, hasilnya positif di FP1 dan FP2. Ini atas kerjasama tim, doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia. Saya akan berjuang untuk meraih yang terdepan dalam kualifikasi Superpole 2,” terang Galang Hendra Pratama.

Perlu diketahui, setelah seri WSSP berjalan, aturan berat belum diterapkan. Mulai putaran WorldSSP300 Ceko regulasi berat diberlakukan. Tentang regulasi bobot ditimbang motor sekalian pebalapnya sesuai disepakati pihak FIM dan Dorna. Ninja 400 dan CBR500R total beratnya minimum 215 Kg, RC390R minimum 208 kg dan Yamaha YZF-R3 minimum 205 kg.

“Belum pernah para pembalap bLU cRU Challenge bertarung disini. Mereka banyak mempelajari tata letak sirkuit dari video dan memikirkan strategi untuk dapat meraih posisi terbaik. FIM juga memperkenalkan aturan teknis terbaru pada seri ini, agar balap seimbang. Para pembalap bLU cRU Challenge adalah potensi muda dan kuat yang memiliki kapasitas mesin terkecil di grid namun YZF-R3 punya handling yang luar biasa, itu hal yang sangat penting di Brno. Kami menantikan mereka untuk bertarung di akhir pekan ini dengan cara yang paling positif,” terang Alberto, Manager Racing Yamaha Motor Eropa bLU cRU.

Mantaplah… Rilis Yamaha Racing Indonesia

BACA JUGA

FP1 WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Tercepat, Ya Pertama..!

WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Berpeluang Dari Layout Sirkuit

Jelang WorldSSP300 Ceko: Galang Hendra Nggak Kenal Sirkuit, Tapi Punya Kans

Jelang WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Pratama Harusnya Papan Atas

BAGIKAN