WOW! MRS 2024 Bakal Pakai Superpole Race, Auto 3 Kali Balapan! Tapi Sistemnya Beda dengan MotoGP atau WSBK

Maniakmotor.com – Mandalika Racing Series (MRS) 2024 akan menggunakan Superpole Race. Auto 3 kali balapan di 1 akhir pekan yang sama bro jadinya.

Weits, tapi jangan samakan dengan Superpole Race di MotoGP atau di WSBK. Karena model Superpole Race di MRS 2024 berbeda bro.

Superpole Race ini tidak ditentukan berdasarkan hasil QTT. Sehingga nantinya Qualifying time trial itu ditiadakan. Hah maksudnya? Tuh dijelasin Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat.

“Superpole Race ini kami terapkan untuk kelas kelas Kejurnas (Sport 150, 250, 600) dan juga Underbone (UB150). Pastinya supaya menambah kegiatan balap dengan sesi Race ini. Karena nanti cuma ada 2FP (latihan bebas),” tutur Eddy.

“Nah, Superpole Race itu ada di hari Sabtu ya. Jadi nanti menggantikan agenda QTT. Jadi hasil FP2 menentukan grid di Superpole Race. Hasil dari Superpole Race itu akan menentukan grid di Race 1,” sambung Eddy

Dengan demikian, sebut saja bila Rider A ke-1 di FP2 maka akan dapat grid 1 di Superpole Race. Demikian pula kalau Rider A ke-1 di Superpole Race, akan dapat grid 2 di Race 1.

Selebihnya, mirip-mirip seperti di MotoGP atau di WSBK. Itu kalau melirik jumlah lap dan hadiah yang diberikan.

“Hadiah pasti ada dalam bentuk uang tunai. Sementara jumlah lap hanya setengah dari jumlah lap waktu Race,” pungkas Eddy.

Menarik kan bro. Dengan ini diharapkan pada joki makin terbiasa dengan sesi balapan. Menambah jam terbang di balapan ini penting bro, apalagi jarang-jarang di sirkuit skala Internasional seperti Mandalika.

Ya tujuannya, balik lagi biar joki-joki makin kompetitif di ajang balap internasional.

Adapun kelas yang ditandingkan pada MRS 2024 yakni, Sport 150, Sport 250, Supersport 600.

Serta dengan Kelas-Kelas Pendukung yakni Underbone 150 U-20, Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

RAIDER