nhk

WR Super Battery, Asli Aki Motor Kering, Bukan Dikeringkan, Balap Mantap, Apalagi Harian

Seperti ini akinya

ManiakMotor – Asli judulnya begitu. Memang di dalam sel akinya tidak menggunakan cairan. Bukan seperti aki maintenance free (MF) yang saat ini disebut aki kering di Indonesia, tapi di dalam selnya masih ada asam sulfat (H2SO4). Jadi kalau dipaksakan untuk balap, saat motor terjungkal airnya juga bisa tumpah.

Aki WR
Perhatikan gel atau jeli pada selnya. Kering kan… nggak ada cairan bro

Aki WR Super Battery adalah aki motor yang disebut aki benar-benar kering atau biasa disebut aki tertutup. Saat ente beli memang sudah dipaku mati, bukan lagi seperti MF yang saat dibeli baru diisi asam sulfat. “Kalau yang ini selnya menggunakan jel atau gel alias selai. WR pakai teknologi Nano gel,” kata Firman sembari memperlihatkan gel pada aki transfaran WR.

Firman ini marketing penasehat TJM Racing. Kalau sebut TJM Racing yang pantengin balap pasti tahulah. Ini tim andalan Yamaha pabrikan di nasional dan Internasional. Soal aki itu mereka sudah coba di motor balap sendiri. Ya di versi karbu, apalagi injeksi yang ECU-nya butuh setrum tinggi sesuai spesifikasi aki dan konstan.

Saat aki dibalik tetap kering
Saat aki dibalik tetap kering

Eh hampir lupa kelanjutan aki kering tadi. Sel pada aki serperti WR ini dari bahan kalsium yang disekat jaring bahan elektrolit. Sehingga gelnya menyatu dengan sel (lihat foto aki transparannya). Elektrolit pada sel sifatnya harus wadah tertutup mati. Dengan begitu, aki ini memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang baik.

Saat sama punya kemampuan penyimpanan listrik yang panjang dan utuh, makanya  tetap kuat saat aki didiamkan dalam waktu cukup lama untuk start ulang. “Di istilah aki AH-nya sebagai penyimpan setrumnya sempurna. Lalu CCA-nya tinggi. Jadi mesin motor mudah  dinyalakan saat start awal,” tambah Firman sembari cerita aki WR yang kode RW S5 dengan 12V/4AH mampu menyalakan mesin bebek dan matik yang kompresinya sudah gila-gilaan dinaikan dan biasanya setengah mati distarter. Pakai aki spek yang memang untuk bebek itu, starternya eces diputar bro. Berarti cocok buat balap seperti matik drag bike yang sulit dihidupkan. Eh ternyata aki ini ada campur tangan industri aki yang biasa dipakai di MotoGP.

Kehebatan aki ini juga kamu bolak-balik posisinya nggak masalah. Lha wong benar-benar kering, nggak ada cairan di dalamnya. Maka pas buat balap yang biasa jatuh dan jungkir balik. “Ada lagi, karena ECU dapat suplasi sesuai spesifikasi aki, tarikan motor juga konstan dan bertambah tenaganya dari pakai aki biasa yang pura-pura kering seperti dijual di Indonesia. Di balap saja oke, apalagi harian. Jangan khawatir, harga bersaing dengan aki standar pabrikan. Tersedia untuk semua motor, bahkan untuk moge ada,” pungkas Firman yang ternyata mantan pembalap seangkatan Popo Hartopo itu.

Eh kalau mau lebih jauh lagi soal aki ini silakan ke TJM Racing, JL. Arteri Panjang, Kedoya Selatan, Blok I9, No.9, RT.5/11, Kedoya, Jakbar. Atau HP 085946463366 dengan Firman. Bisa juga dicari di speed shop terkemuka di Indonesia yang mau jadi distributor juga dilayani. MM

BAGIKAN