nhk

WR Super Battery: Kecil-Kecil Bisa Hidupin Moge R1, CBR250RR Juga Ada

Tuh dipasang di R1

 

ManiakMotor – Aki WR Super Battery yang berteknologi nano yang asli kering itu, menyediakan aki untuk moge. Tapi pas cerita ini terjadi, lagi kosong. Kosong karena diborong moge itu sendiri. Dari distributor Harley, moge Eropa sampai Jepang mengambil besar-besaran. Alasannya, harga aki asli moge bisa beli 10 WR, padahal kemampuannya sama.

Ceritanya ada moge Yamaha R1 yang kebelet, maksudnya aki bawaannya bermasalah. Sementara yang tersedia paling besar di WR yang biasa digunakan Nmax. “Eh saat dipasang bisa tuh menggerakan semua perangkat elektronik, termasuk starter R1. Pemilik mogenya sudah nggak mau melepas. Sebulan digunakan nggak masalah. Padahal, WR khusus moge sudah datang tuh,” sebut Firman dari WR Supper Battery.

Juga melayani CBR250RR

Biasanya untuk moge menggunakan WR Supper Battery tipe ‘M’ seperti WRM7S atau WRM9S yang  ampere-nya mencapai 32 Ah. Sedang Nmax dan sekelasnya yang kodenya WR7S hanya 6 Ah. “Kalau R1 bisa menggunakan, artinya CBR1000 juga bisa. Silakan coba sembari beli untuk para pemoge,” tambah Firman dengan senyumnya yang menawan.

Ternyata juga, itu WR7S bisa nangkring dengan manis di rumah aki Honda CBR250RR. Wah kalau ini sih motor baru. Pasti buat yang hobi utak-atik akan kesulitan cari aki bawannya, karena aki termasuk slow moving alias suku cadang yang lambat penjualannya. Yang menjadi fast moving bila motornya digunakan di balap atau dimodif elektroniknya. Padahal pabrik belum menyediakannya.

Bisa begitu, karena aki WR ini memiliki  CCA (cold cranking ampere) yang besar. Contoh CCA untuk Nmax yang hanya dijual Rp 350 ribu itu mencapai 185, aki setara hanya 120. CCA sebagai angka patokan daya aki menyimpan setrum untuk digunakan awal. Kalau di motor biasanya untuk starter yang sangat menguras setrum atau amper aki. Makanya aki biasa saja sering kalah saat menghidupkan awal starter motor. Soal CCA coba baca ini.

Karena itu, aki WR ini sekali muncul langsung disenangi di balap motor. Selain benar-benar kering, walau motor terguncang bahkan jatuh, itu aki nggak ngaruh, ya tetap aki yang rutin mengirim setrum. Di saat sama dengan CCA yang besar tetap stabil mengirim setrum pada model kelistrikan total loss alias semua setrum tergantung pada aki, lantaran pengisiannya sudah dicabut.

Silakan ke TJM Racing, JL. Arteri Panjang, Kedoya Selatan, Blok I9, No.9, RT.5/11, Kedoya, Jakbar. Atau HP 085946463366 dengan Firman. Bisa juga dicari di speed shop terkemuka di Indonesia yang mau jadi distributor juga dilayani. M

 

 

BAGIKAN