nhk

WR250F Dan WR450F, Andalan Yamaha Untuk Enduro Di 2018, Simak Teknologinya

Yamaha, WF450R, Enduro lead

ManiakMotor – Yamaha sudah mendahului masuk 2018 dengan dua model terbaru enduro, WR250F dan WR450F. Kedua jenis enduro ini diklaim paling inovatif dan sukses di dunia melalui ajang EnduroGP dan Enduro2. Ada beberaoa teknologi baru di mesin dan sasis GP yang paling maju.

Anda tentu penasaran, seperti apa teknologinya? Sejumlah fitur baru terdapat pada pembangkit tenaga WR250F(250 cc) dan WR450 F (450 cc). DOHC 4-stroke terdepan dengan 4 katup titanium berpendingin cairan. Trus, tata letak kepala silinder belakang WR-F yang unik (bagian depan menghadap ke dalam) serta knalpot keluar belakang, meningkatkan efisiensi intake dan exhaust. Juga mendongkrak torsi linier mesin dan tenaga atas.

Yamaha WF450R, ada tutup samping

Kemudian, dengan camshaft baru dan pegas katup dikembangkan untuk mendongkrak tenaga bawah sampai menengah. Tak cuma itu, WR250F menerima desain piston datar ringan yang baru dikawinkan sama piston baru yang lebih pendek dan mengandung lapisan DLC (diamond like Carbon} untuk mengurangi gesekan.

Tenaga dari bawah sampai atas WR250F dan WR450F sudah diberikan. Meski tidak disebutkan maksimum, namun tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan (250F) dan 5-percepatan (450F) dengan kopling yang sudah dioptimalkan.

Kemudian, faktor kelincahan motor ikut diperhatikan. Pada WR250F dan 450F sasis standar diganti sama aluminium berbasis YZ250F (motocross) yang canggih. Lantas dikawinkan sama dengan suspensi terdepan dikelasnya, sehingga  memberikan performa handling dan kenyamanan yang tinggi saat menerjang bebatuan, pasir, rumput dan lumpur.

Beda dari kedua model tersebut lebih pada mesin. Untuk 450F  ECU dan mapping lain dan pengaturan suspensi lebih optimal. Trus, ada penutup samping tambahan dan pelek biru. Maliq

BAGIKAN