nhk

WSBK 2013 Assen: Di Supporting Race-nya Ada Pembalap Indonesia Lho!

ManiakMotor – Ada yang kaget saat lihat pembalap Indonesia di Sirkuit Assen, Belanda, yang menggelar putaran ke-3 WSBK pada 26-28 April.

Maklum Coy, di Belanda sono memang banyak warga Indonesia atau keturunan Indonesia. Saat ada yang lihat rider Indonesia di trek terkenal itu, maka maniakmotor.com jadi tempat bertanya. Siapa tuh? Dari tim mana? Dari Indonesia atau produk Belanda berdarah Indonesia?

Itu pertanyaan bertubi dari seorang rekan di Belanda, tentunya lewat BBM. Dan, sekarang mungkin juga jadi pertanyaan sampeyan, siapa tuh?

Ini jawabannya. Rider yang pakai Merah Putih di Assen itu adalah Ali Adriansyah Rusmiputro yang akarab dipanggil Adrian. Pembalap usia 19 ini asli Indonesialah, domisili Jakarta. Doski juga bukan pembalap ecek-ecek karena sudah ikutan Kejurnas Superbike, Supersports dan Supersports ARRC meski memang prestasinya  belum mengilap. Dia pembalap asuhan ASH MotorSport yang rutin olah fisik di markas IRA MX di Pondok Cabe.

Adrian bisa ada di Assen karena ia peserta kompetisi European Junior Cup (EJC) 2013 yang jadi salah satu supporting race di Assen. Apa itu EJC?

EJC adalah……Weleh, kayak Bu Guru saja hehehehe. EJC wadah balap yang digagas dan digelar promotor Racedays Promotions Limited untuk menyaring pembalap muda berbakat. Semua pacuan disiapkan satu merek, Honda CBR 500R. Batas usia dari 14 sampai 19 tahun doang.

Urusan pacuan dan spare part serta tetek bengeknya selama balapan sudah diurus penyelenggara. Pembalap hanya perlu bawa mekanik kepercayaannya dan balapan. Untuk semua fasilitas ini, tentu bayar Coy, sekitar Rp 300 jutaan untuk satu paket yag terdiri dari 8 seri balapan di trek-trek Eropa. Itu di luar biaya pribadi seperti tiket perjalanan, akomodasi dan sebagainya. Sebelum balapan, kontestan akan dibekali berbagai pengarahan seputar teknik balap, strategi pemakaian ban, strategi QTT dan raceday, dan banyak lagi. Konsepnya sih EJ ini jadi batu loncatan pembalapberbakat untuk seterusnya main di kancah Supersport atau Superstock dan selanjutnya ke WSBK. Kalau mujur, ya ke MotoGP juga.

Musim ini tercatat 36 peserta EJC dari berbagai Negara, termasuk Adrian itu, ada pula dua cewek bening bernama Sabrina Paiuta (Brasil) dan Amelie Demoulin (Prancis).

Meski tak menonjol di ajang Kejurnas dan ARRC, tapi prestasi Adrian di EJC oke juga Bro. Ia finish ke-7 di seri pembuka Aragon, Spanyol, lalu. Dengan 9 poin, ia pun sementara berada di urutan 7 klasemen 2013.

Di Assen, Adrian kemarin menempati urutan 14 kualifikasi. Pada raceday Minggu (28/4) atau nanti malam WIB ia kan start dari grid 5. Semoga saja hasilnya lebih baik. Paling tidak jangan sampai kalah dari dua yang bening itu, bukan begitu Bro Adrian! Andro

Berita Terkait

WSBK 2013 Assen: Kawasaki dan Mr. Poleman Kembali Terdepan

WSBK 2013 Assen: Kawasaki Melejit, Melandri Janjikan Perang Terbuka Yang Panas

WSBK 2013 Aragon (Race2): Davies dan BMW Beri Bukti


 

BAGIKAN