nhk

WSBK 2013 Portugal: Superpole Sykes Seperseribu Detik

 

ManiakMotor – Dari 6 ronde WSBK 2013, Tom Sykes sudah memborong lima superpole secara beruntun di seri Aragon, Assen, Monza, Donington Park, dan baru saja di Portimao selaku penyelenggara WSBK Portugal.

Hanya di seri pembuka WSBK Australia lalu di Philips Island yang lolos dari tangkapan Sykes dan lari ke tangan Carlos Checa (Spanyol/Ducati). Pole ke-5 musim 2013 yang diraih pada Sabtu (8/6) ini mejadikan 16 koleksi pole position yang dicetak ih Sykes dalam dua musim terakhir. Itu membuatnya semakin gagah dengan julukan Mr. Poleman.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Seperti biasa, tak mudah buat Sykes menyikat lawan-lawannya. Di Portimao, ia dapat perlawanan gigih dari Eugene Laverty (Irlandia/Aprilia Racing Team). Keduaya beberapa kali saling mengalahkan. Pada akhirnya Mr. Poleman membuat waktu terbaik 1:41,360 sedangkan Laverty bikin 1:43,361. Itu berarti gap keduanya hanya 0,001 detik alias seperseribu detik. Dalam dua race pada Minggu (9/6), mudah-mudahan saja jarak keduanya tetap serapat itu guna menghibur penonton.

Posisi ketiga ditempati Jontahan Rea (Inggris/Hoda CBR1000) diikuti Marco Melandri (Italia/BMW) dan Sylvain Guintoli (Prancis/Aprilia) di urutan 4 dan 5.

Komposisi itu amat menguntungkan Sykes untuk berburu poin. Ia masih tertinggal 4 angka dari Guintoli yang memimpin klasemen dengan total poin 173., sedangkan Laverty mengintip dari posisi ketiga dengan poin 149.

Masalahnya bisakah Sykes mengkonversi pole position itu jadi kemenangan, seperti di Inggris lalu? Atau hanya sebatas raih pole doang seperti sebelumnya? Andro

Berita Terkait

WSBK 2013 Inggris: Super Sykes Borong Semua Sesi

WSBK 2013 Inggris: Sykes dan Kawasaki Pole Lagi, Bidik Juara di Kandang

WSBK 2013 Italia: BMW dan Aprilia Berbagi Gelar, Adrian 10 Besar EJC

WSBK 2013 Monza Italia: Lagi-Lagi Buat Sykes, Rider Indonesia Ke-14

 

BAGIKAN