nhk

WSBK 2014 Laguna Seca: Menang Hoki di Race2, Sykes Nabung Poin Penting

 

ManiakMotor – Juara dunia WSBK 2013 Tom Sykes sebenarnya tak terlalu banyak berharap saat ronde 9 WSBK dihelat di Laguna Seca, AS, yang berakhir Minggu (13/7). Dibanding Marco Melandri dan Sylvain Guintoli, pengalaman Sykes terbilang minim di rek kebanggaan Amrik itu.

Betul saja, pentolan tim Kawasaki itu keteteran di Race1 dan hanya finish ke-3 meski start dari pole position. Melandri dan Guintoli yang menggeber Aprilia finish terdepan hampir bersamaan, meninggalkan Sykes dengan 0,627 detik.

“Di awal balapan saya kesulitan melibas The Corkscrew, kehilangan waktu penting dan tak kuat mengejar lawan. Tapi, saya puas dengan posisi tiga karena sejak awal memang merasa akan sulit melawan mereka yang punya pengalaman di sini,” ucap Sykes menyebut pengalaman Melandri dan Guintoli saat manggug di MotoGP, juga sebut area The Corkscrew yang jadi cirri khas Laguna Seca dan buat rider MotoGP juga terbilang daerah maut.

Masuk Race2, hoki menyambangi Sykes. Pembalap Inggris ini dinobatkan sebagai juara di tengah berbagai drama kecelakaan. Dimulai dari Melandri di lap 3, disusul kemudian dua kecelakaan hebat yang membuat balapan dihentikan sementara dan restart. Kecelakaan pertama menimpa Alex Lowes (Suzuki) kala menyalip lawan di Corkscrew. Kecelakaan kedua dialami Sylvain Barrier (BMW). Keduanya harus diangkut ambulans ke medical centre.

Dengan banyaknya insiden, durasi balapan yang harusnya 25 laps pun berubah hanya jadi 7 laps. Kebetulan, Sykes yang memimpin saat itu sehingga dinobatkan sebagai juara sekaligus kemenangan ke-8-nya musim ini. Posisinya di klasemen pun makin mantap dengan pon 325, diikuti Guintoli (281) an Jnthan Rea (Honda/261). Andro

BACA JUGA

 

BAGIKAN