nhk

WSBK 2014 Magny Cours (Race): Berebut Gelar Dunia, Duel Kawasaki vs Aprilia Lanjut ke Qatar

 

ManiakMotor – Tom Sykes gagal memastikan gelar juara dunia WSBK 2014 di Magny Cours, Prancis, Minggu (5/10). Rider tim Kawasaki itu nggak naik di podium dalam dua race.

Unggul 31 poin sebelum balapan, Sykes tinggal unggul 12 angka usai seri Magny Cours. Sylvain Guintoli (Aprilia) memperdekat selisih itu berkat suksesnya  memenangi Race 1 dan kemudian runner-up pada Race 2, sedangkan Sykes hanya urutan 4 di kedua sesi itu.

Guintoli tak sepenuhnya puas. Ia sebenarnya bisa menangguk lima poin tambahan andai saja Marco Melandri tak ngotot jadi juara di Race 2. Rekan setim Guintoli di Aprilia itu menolak menukar posisi meski ada team order lewat pit board. Melandri tetap gaspol menuju finish, sementara Guintoli enggan melayani bertarung karena khawatir pada risikonya.

Yang pasti, Melandri tak lagi berpeluang jadi juara dunia dan selayaknya membantu tammate-nya untuk lebih bersaing dengan Sykes. Andai ia mengalah maka selisih poin Guintoli dari Sykes hanya tinggal 7. Melandri beralasan, ia tak berikan kemenangan pada Guintoli untuk menghormati kinerja krunya dan jerih payah yang dilakukan untuk menyeting motor. Lagipula ia ingin perkuat posisi di 3 Besar klasemen dunia karena terncam oleh Jonathan Rea (Honda).

Partai final WSBK 2014 berlangsung di Losail, Qatar 2 November. Guintoli harus menangi dua race agar bisa jadi juara dunia. Tapi, ada syaratnya dan itu kembali kepada Melandri. Melandri harus bisa mencegah Sykes menjadi runner up dalam salah satu race. Jika tidak, maka kemenangan Guintoli akan sia-saia karena poin Sykes tetap lebih banyak.

Skenario terbaik Aprilia adalah finish 1-2 di Qatar, sedangkan skenario ideal Kawasaki adalah memenangi salah satu race  dan kemudian cukup 4 Besar di race satunya. Atau minimal finish kedua di dua race. “Benar-benar seperti perjudian tapi harus kami hadapi,” komentar Guintoli. Andro

BACA JUGA

WSBK 2014 Magny Cours (Jelang Race): Kawasaki dan Sykes Mendekati Juara Dunia

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353