nhk

WSBK Perancis 2016: Davies Juara Tertolong Cuaca, Duo Kawak Gagal Podium Pertama

Kawasaki, WSBK, Tom Skyes, Ducati

ManiakMotor – Duel Kawasaki dan Honda berhasil dipatahkan oleh Ducati di ronde 11 race 1 kejuaraan dunia Superbike Perancis, hari ini (1/10). Chaz Davies dengan Ducati Panigale dapat memenangkan lomba, meski sempat terseok di urutan 9 akibat permukaan trek licin.

Memang, lomba menyelesaikan 21 lap sempat bikin pebalap bingung. Pasalnya, jelang lomba, trek Magny Cours diguyur hujan dan saat akan start, terik matahari siap mengeringkan lintasan. Sebagian pebalap ada yang mengandalkan ban basah dan intermediate.

Lepas start, duo Kawak Tom Skyes dan Jonathan Rea melejit diikuti duo Honda Nicky hayden dan Van der Mark. Sementara Chaz Davies yang start 3 melorot ke-9. Memang, pebalap Ducati itu sangat alergi sama trek licin. Buktinya, dua pebalap Ducati lainnya Leon Camier dan Lorenzo Savadori dapat merepotkan persaingan Kawak dan Honda.

Malah Camier sempat mengambil alih pimpinan. Mengeringnya permukaan trek yang tidak rata membuat pebalap harus ganti ban. Rea dan Skyes bersama masuk paddock ganti ban slick. Ketika masuk trek melorot ke 9 dan 10.

Sementara Davies yang mengandalkan intermediate sanbgat diuntungkan. Pada lap 16 perlahan tapi pasti pebalap asal Inggris ini terus merangsek ke depan. Sampai akhirnya dapat tampil paling depan. Skyes berusaha mengejar ketertinggalannya, tapi upayanya hanya sampai finish ketiga. Karena van der Mark (Honda) yang lebih dulu ganti ban slick sudah sulit digeser dari posisi kedua.

Jonathan Rea dan Skyes masih punya kesempatan membalas kekalaha mereka di balapan kedua besok. Rezki 

BAGIKAN