nhk

WSBK Portugal: Sykes Bikin Biaggi Dan Melandri Degdegan

 

ManiakMotor – Perburuan gelar juara Superbike 2012 masih terbuka lebar buat Max Biaggi (Aprilia), Marco Melandri (BMW), dan Tom Sykes (Kawasaki). Ketiganya memiliki poin 318, 309, dan 292. Meski kalah 26 poin dari Biaggi, peluang Sykes masih terbilang bagus dalam dua seri tersisa musim ini di Portugal dan Prancis.

Ingat, di WSBK itu sama dengan empat seri lagi. Sebab, masing-masing seri akan menggelar dua race. So, dalam 4 race mendatang,  yang harus dilakukan Sykes adalah selalu finis di depan Biaggi dan Melandri.

Potensi itu dimiliki Sykes dalam seri Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (23/9) besok. Tak lain tak bukan karena ia sukses meraih super pole pada kualifikasi Sabtu, 22 September 2012. Start dari urutan  terdepan pada Race 1 besok, jelas menjadi ancaman buat Biaggi dan Melandri karena keduanya akan memulai lomba dari grid ke – 4 dan 5. Posisi start 2 dan 3 diambil Carlos Checa (Ducati) dan Eugene Laverty (Aprilia).

Sykes mencatat waktu 1 menit 41,415 detik dan itu sekaligus jadi pole ke-8 yang ia cetak musim  ini. Apalagi untuk balap selisih nyaris setengah detik, lumayan jauh. Melandri mencetak 1:42,015 dan Biaggi 1:42,140. Tapi, ada tapinya coy, kalau Sykes besok memenangi dua race di Portimao sementara Biaggi dan Melandri pun mampu menambah poin signifikan, maka pertarungan segitiga akan berlangsung di putaran terakhir di Magny Cours (Prancis).

Sebaliknya, jika Sykes gagal mengkonversi pole-nya menjadi kemenangan di Portimao, maka sudah bisalah ia ucapkan selamat tinggal untuk kejuaraan dunia. Minimal ia harus finis di depan Biaggi dan Melandri agar peluang tetap terjaga hingga partai pamungkas di Prancis.

Hitung-hitungan itu yang membuat Biaggi dan Melandri yang sesama Italia masih harus membagi perhatian untuk Sykes yang mewakili Inggris. Jika Sykes bisa mereka singkirkan di Portimao, maka gelar juara dunia 2012 sudah pasti lari ke bumi Italia. Tinggal pilih mau ikut Biaggi atau Melandri. Itu yang akan ditentukan kemudian. Bukan lewat undian, tapi dengan duel terakhir di Sirkuit Magny Cours pada 7 Oktober. Andro

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi WSBK Portugal, 22 – 23 September 2012

WSBK Jerman Race-2, Rider Medioker Podium

WSBK Jerman, Race-1 Biaggi Pimpin Lagi Klasemen


 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353