nhk

WSSP 300 Prancis 2018: Ini Cewek Pertama Juara Dunia di Atas Motor Cowok

Ana Carrasco
Ana Carrasco. Cewek juara dunia

ManiakMotor – Masih ingat Ana Carrasco, cewek bahenol Spanyol yang mengaspal di kancah Moto3  musim 2013-2015? Sejak 2017 sampai sekarang Ana bertarung di arena Supersport 300 World Championship yang juga diikuti pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama, Imanuel Putra Priatna dan Ali Adrian.

Nah, Neng Ana ini cetak sejarah sebagai wanita pertama yang sukses juara dunia balap motor laki atau sport. Meski hanya finish ke-13 dalam putaran final Supersport300 di Magny Cours, Prancis pada 30 September 2018.

Sukses yang terbilang dramatis. Si Eneng memimpin klasemen berkat dua kemenangan di seri sebelumnya. Unggul 10 poin atas pesaing terdekat, Scott Deroe, yang juga membesut Kawasaki. Sialnya, Ana harus memulai balapan dari grid 25 tapi tak pasrah begitu saja.

Ana terus tarung sementara Deroe bermain di garis depan. Mungkin berkat doa penggemarnya yang bejibun, posisinya terus membaik sampai urutan 13 di garis finish. Untungnya motor Deroe mogok sebelum balap berakhir. Rider Kawasaki lainnya, Mika Perez, yang juga berpeluang jadi juara dunia, pun gagal meraih poin maksimal. Hasil akhirnya Ana menjadi jurdun dengan total poin 93, Perez 92, dan Deroe 80. Hanya selisih satu poin dan menjadi sejarah baru balap motor dunia.

Nita Korhonen yang membidangi Komisi Balap Wanita di FIM menyambut hangat sukses Ana. “Bukan soal gender cewek atau cowok, tapi yang diperlihatkan Ana adalah soal bakat dan semangat,” katanya.

Neng Ana sendiri menyebut sukses itu ia persembahkan buat sahabatnya, almarhum Luis Salom, yang tewas saat sesi latihan GP Catalunya 2016. “Pada hari ia meninggal, saya berjanji akan berikan trofi juara dunia yang akan saya raih. Saya bahagia telah mewujudkannya,” ujar cewek kelahiran 10 Maret 1997 itu. Bone

BAGIKAN