nhk

WSSP300: Galang Perdalam Manuver Alami Untuk Full Series 2018

Galang Hendra (Jerez) 2017

ManiakMotor – Semua tipe motor dicobai untuk latihan. Agar terbentuk alami manuver dan refleksnya. Semua jenis arena juga digunakan, supaya reaksi motor mudah diarah-arahkan.

Begitu persiapan Galang Hendra Pratama mengahadapi full series tahun depan di World Super Sport WSS300. “Latihan tadi rutin dilakukan tiap hari. Sehari melakukan empat sesi, setiap sesi 30 menit,” urai Galang yang secara cerdik dengan status wild card podium pertama saat ikut WSS300 di seri Jerez, Spanyol 2017. Prestasi tertinggi yang dilakukan pembalap Indonesia sejak penulis mengenal balap motor, asli itu.

Baginya untuk melawan bule-bule Eropa yang terkenal cekatan di WSS300, caranya harus mengenal semua manuver. Bukan hanya mengenal dan harus bisa dilakukan agar nggak kalah mental ketika berlomba. “Kalau kalah mental, lebih banyak deg-degan. Manuver yang sederhana saja akan sulit dilakukan,” tambah Galang yang pernah dua kali dilatih di markas VR46 Riders Academy pimpinan Valentino Rossi tersebut.

Itu tadi latihannya, agar manuver dan refleks jadi alami. Dari menggunakan motor special engine di sirkuit tanah sampai SE yang enggunakan ban aspal atau supermoto. Juga pakai motor aspal benaran. Dengan begitu gerakan-gerakan di atas motor bukan sesuai hapalan, tapi alamiah.

Galanag yakin akan mampu karena dasarnya Yamaha R3 yang akan digunakan juga sanggup. Galang tetap pakai R3 yang diset-up tim bLU cRU Yamaha MOTOXRACING yang bisa mengantarnya saat juara seri WSS300 di Jerez.

Selain bagian dari profesionalisme, GHP sadar bahwa kans untuk mengulang podium kembali tidaklah mudah, ”Yang dilawan sebagain besar pemain Eropa yang memang lebih punya pengalaman main di sirkuit Eropa,” tutup GHP sembari menunggangi R25-nya untuk latihan! Ardel

BAGIKAN