nhk

Wuih…Kawasaki Lagi Mengembangkan Teknologi Pintar Untuk Motor-Motornya

kawak-tekno-ai

ManiakMotor – Pada 2020 nanti, para produsen roda dua akan membuat sepeda motor pintar. Ada yang bisa jalan sendiri seperti mobil (otonomus), sementara Yamaha, Honda dan BMW Motorrad sepakat melahirkan sepeda motor cerdas untuk mengurangi kecelakaan. Nah, Kawasaki pun berencana hal serupa, hanya beda teknologi.

Nantinya, sepeda motor Kawak punya ‘kepribadian’ yang bisa mengetahui lebih banyak mengenai karakter dan gaya pengendara melalui teknologi informasi dan komunikasi yang mereka sebut “Emotion Engine”. Jadi, mesin punya kemampuan membaca emosi dan instruksi dari suara pengendara dengan bantuan “Generasi Suara dan Sistem Dialog Bahasa Natural”.

Artinya, sistem kecerdasan (AI system) dapat memahami perilaku dan emosi dari pengendara berdasarkan data yang ada pada motor, plus informasi dari internet membantu meningkatkan perjalanan. Hal ini kemudian dapat menafsirkan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan informasi terbaik saat berkendara.

Dengan sendirinya, ketika pengendara sedang bepergian, ketrampilan dan gaya berkendara yang baik terus terjaga. Di sisi lain, Kawasaki pun ingin kondisi mesin bisa bekerja secara baik. Tidak ada putaran mesin yang berlebihan atau kurang akibat kelalaian pengendara.

Sistem AI Kawasaki ini kini sedang dikembangkan oleh cocoro SB Corp. Perusahaan ini telah mengembangkan robot Pepper yang dapat berinteraksi dengan pemakainya dengan memnaca emosi mereka. Nah, teknologi seperti Pepper ini coba dipindahkan ke Kawasaki.

Ya, mirip gaya sepeda motor Knight Rider lah. Maliq

BACA JUGA

Yamaha Manjakan Konsumen Pembeli Mio Z Dengan Program Lunak

Suzuki Indonesia Kumpulkan Mekanik ASEAN Soal Suzuki Satria F150

Motor-Motor Tua di Etalase Kartasura, Komplet Bro! 

Bukan Hanya Mobil, Motor pun Jalan Sendiri Dengan Gyroscopic

BAGIKAN