nhk

Yamaha Aerox 125LC 2016: Gaya Balap, Performa Terbaik, Lincah Berkendara

 

ManiakMotor – Motor berkapasitas 250 cc ke bawah produksi massal Yamaha Indonesia (YI), bila dipindah ke balap untuk adu promo, seng ada lawan. Motor YI juara di semua titel nasional Indonesia. Salah satu kelebihannya pada genetic  frame atau rangkanya yang kompak dengan mesin. Power cepat bodi juga nurut agresif namun terukur.

Sah saja  alias nggak dosa YI mengklaim Yamaha Aerox 125LC yang diluncurkan di Sentul International Circuit pada 18 Januari 2016 punya roh motor sport, kendati dia matik. Lebih mudahnya pada basis kapasitan 125 cc. Volume itu didapat dari diameter silinder  52,4 mm dan langkah pistonnya 57.9 mm. Jelas saja kaya akan tarikan awal yang spontan sejak selongsong gas dibuka. Puas untuk berkedara untuk lincah-lincahan. Nggak capek bro seperti test ride sebentar yang dilakukan di Sentul.

Soal speksifikasi lengkapnya silakan lihat di bawah tulisan ini, lengkap di situ, portal ini hanya menjelaskan intisarinya. Spesifikasi itu didukung komponen MotoGP macam piston forged dan DiAsilCylinder. Panas mesin distabilkan oleh Liquid Cooled atau berpendingin cairan alias radiator, canggih kan. ”Aerox 125LC cocok untuk konsumen pria penyuka matik  namun ingin tetap bergaya sporty, apalagi memiliki racing spirit,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Bodi juga demikian. Itu bodi yang diakhiri meruncing ke depan, belakang dan samping jangan dikira hanya gagah-gagahan. Tetapi untuk aerodinamikanya. Maksudnya saat melaju motor tak akan goyang-goyang oleh terpaan angin. Kan terpaan udara diiris oleh bodi yang diakhiri tajam itu. Sama dengan angin yang tiba-tiba dari samping, bisa dialirkan oleh bodinya, termasuk turbulensi angin di belakang tat kala kamu melaju lebih cepat dari angin.  

Itu desain bodi Aerox 125LC yang katanya berkarakter motor sport. Bagian depan berisi  dan meruncing.  Fitur-fiturnya pun memperkuat karakter tersebut dari desain lampu, hidden rear grab handle, racing seat, speedometer, sport fender, smart side stand switch, smart key shutter. Masih ditambah speedometer yang sporty mengadopsi model jam tangan sport.

Desain lampu depan Aerox 125LC menyerupai air duct YZR-M1 dan sudah mengadopsi teknologi lampu LED. Bodi belakang bersama lampu yang runcing dan pegangan penumpang tersembunyi (hidden rear grab handle), malah menegaskan karakter M1 di MotoGP.

Jok sepintas seperti single seater atau jok tunggal ala balap. Itu hanya dari permainan  warna gelap di bagian depan dan belakang yang sewarna bodi. Konstruksi jok sangat nyaman dengan tonjolan di bagian depan. Itu ada artinya supaya pantat kamu tidak meluncur  bergeser saat terjadi pengereman. Ada juga tonjolan untuk penumpang sebagai pembatas duduk, agar kalau dengan pemboceng wanita lain yang bukan muhrim masih terjaga, hehe. 

Kuatnya karakter sport juga membentuk front fender yang menempel pada sokbreker (tidak menempel pada bodi depan) sama seperti pada motor sport. Katanya itu model baru bagi motor matik, apalagi dilengkapi pelindung sokbreker dari lemparan  batu atau kerikil. Aerox 125LC juga dilengkapi smart side stand switch sehingga aman saat parkir. Smart Key Shutter yang multifungsi dan aman, bisa digunakan sebagai kunci kontak, untuk akses ke bagasi untuk membuka jok, dan pengaman saat parkir. 

Aerox 125LC sudah dirancang bagi mereka yang doyan zig-zag terus-terusan, saking lincahnya. Misalnya ada naked handle bar, sporty rear wide tire, riding position, dan smart key shutter. Handling terasa ringan dan leluasa dengan model stang kemudi yang lebar tanpa cover layaknya sport. Permukaan ban juga lebar sehingga gagah dan enak menikung, tanpa menghilangkan kelincahannya. Meskipun bodinya ramping, bagasinya luas mampu menampung helm standar Yamaha. Posisi berkendaranya ada dua untuk posisi nyaman dan racing. Ardel

BACA JUGA

Yamaha Aerox 125LC 2016: Diluncurkan Di Indonesia Matik Kasta Tertinggi di Dunia!, Harga Rp 18,2 Juta

Yamaha Fino 125 BlueCore 2016: Irit 50 Persen, Tenaga Kuat, Halus Dan Nyaman, Harga Rp 16,25 Juta!

 

 

Spesifikasi Aerox 125LC

Dimensi

 
   

P X L X T

1857mm X 742mm X 1070mm

Jarak Sumbu Roda

1265mm

Jarak Terendah ke Tanah

135mm

Tinggi Tempat Duduk

760mm

Berat Isi

102 kg

Kapasitas Tangki Bensin

3,8L

   

Mesin

 
   

Tipe Mesin

Liquid cooled, 4-stroke, SOHC

Jumlah / Posisi Silinder

Single cylinder

Ddiameter x Langkah

52,4 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi

10,9 ± 0.4 : 1

Daya Maksimum

8.4kW/9000rpm

Torsi Maksimum

10.4Nm/6500rpm

Sistem Starter

Elektrik & kick starter

Sistem Pelumasan

Basah

Kapasitas Oli Mesin

Total = 0,90 L ; Berkala = 0,80 L

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Tipe Kopling

Kering, sentrifugal

Tipe Transmisi

V-belt automatic

   

Rangka

 
   

Tipe Rangka

Underbone

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Unit swing

Ban Depan

70/90-14M/C 34P

Ban Belakang

100/70-14M/C 51P

Rem Depan

Disc brake

Rem Belakang

Drum brake

   

Kelistrikan

 
   

Sistem Pengapian

TCI

Battery

YUASA/YTZ5S

Tipe Busi

NGK/CR7E

 

 

BAGIKAN