nhk

Yamaha Asean Cup 2014: R25 Berlari 1 Menit 45 Detik, Setara Kejurnas Sport 250 DI IRS Yang Korek Habissss..?

 

 

ManiakMotor – Catatan Yamaha R25 seperti judul di atas sama dengan aturan kejurnas 250 cc tahun lalu alias 2013. Aturan tahun ini berbeda yang klepnya harus standar bawaan motor, sehingga catatan itu tidak tercapai di kejurnas 250 tahun 2014. Tahun lalu malah tercepatnya 1 menit 43 detik.

Tapi melihat Yamaha R25 baru sekali muncul di Sentul Besar saat latihan Yamaha Asean Race Cup pada Sabtu 6 Desember telah berlari 1 menit 45 detik, yaaaaaa luar biasa dong. Itu pun QTT tidak terekam kencang, lantaran hujan. Padahal katanya, hanya ganti ECU racing from  Daytona dan setting sikit throttle body. ECU itu bisa membuka limiter sampai 13.500 rpm. Tentu juga setelan ergonomic untuk balap supaya boleh tiduran di tikungan.

Lalu ada pelepas gas buang Sakura. Sakura ini sebelumnya terkenal sebagai vendor knalpot Yamaha di Indonesia. Sesuai penuturan para mekanik yang merawatnya perannya besar. “Suspensi pakai Kayaba dan ban slick IRC. Ini juga yang membantu lajunya,” jelas Sudarmono, pembalap yang tercepat saat latihan dan mencatat tepatnya 1:45.525. Luar biasa.

Tapi mengingat tahun depan Yamaha Indonesia akan ikut ARRC di kelas 250, bisa jadi spek mesinnya telah digeser sesuai aturan tersebut. Misalnya boleh mengubah durasi kem yang otomatis kompresi ikut dimainkan. Sebab tak mungkin dengan hanya ECU dan knalpot akan mencapai catatan di atas. Asli, dijamin…!

Pokoknya catatan 1 menit 45 detik pun, didapat di kejurnas 250 setelah tahun kedua. Tahun pertama masih berlari 1 menit 47 detik. Padahal saat itu regulasinya sudah jor-joran. Namun yang mesin dua silinder diberi bobot 20 kg. Ya berbeda dengan event Yamaha Asean Race Cup soal tambah bobot ditiadakan. Bisa saja itu salah satu bikin motor ini dapat catatan tersebut.

Lagian di one make race ini nggak ada istilah scrutineering. Lha wong yang bikin Yamaha Indonesia sendiri yang rata untuk semua peserta. Motor pun diundi antarnegara. Maksudnya, kalau ada pemeriksaan teknik kan ketahuan apa saja yang dikorek bro. Siapa tahu kapasitasnya jadi 300 cc pakai blok silinder R300, hehe, becanda.

Tunggu saja besok Minggu 7 Desember, apakah Jorge Lorenzo yang ikut balapan 15 lap bersama peserta Yamaha Asean akan bisa melewati rekor 250 cc di Sentul? Rekornya kalau tidak keliru 1 mneit 43 detik tadi. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race Sentul, Jabar, 6 – 7 Desember 2014

BAGIKAN