nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Indonesia Juara Umum, Sport Perlu Jam Terbang

 

 

 

ManiakMotor – Dari hasil race-1 dan 2, kelas bebek dan sport, Yamaha Indonesia unggul telak di bebek yang melombakan Yamaha Jupiter Z1. Di sport yang menggunakan alat Yamaha R15, jujur saja pembalap Yamaha Indonesia belum terbiasa. Mereka kalah dari Thailand dan bahkan race-2 Malaysia yang juara di motor full frame ini.

Walau Indonesia sudah punya keuntungan tersendiri karena lomba Yamaha Asean Cup Race 2013 adanya di sirkuit Sentul Besar, 1 Desember 2013 ini. “Jujur juga saya belum memahi betul bermain dengan sport. Betul-betul harus sabar membawanya,” kata Agus Setiawan yang di race-1 terjatuh dan race-2 hanya ke-10. Sudah pasti dan dijamin, baru di YACR ini Agus membalap dengan sport di aspal. Ya, kalau di tanah, dia mantan crosser.

 Rata-rata pemain asal Indonesia belum bisa konsisten memainkan irama R15. Jika soal catatan waktu, kelima pembalap Indonesia tidak jelek-jelek amat. Tapi dalam balap, catatan waktu bukan parameter utama. Melainkan, catatan waktu rata-rata alias konsisten yang dibutuhkan untuk memenangi lomba.

Apalagi menunggang motor yang sama, kontrol emosi dibutuhkan. Nafsu dipancing musuh misalnya, pasti akan memakai line yang berbeda. Justru dari situ biang motor menurun kecepatan rata-ratanya.

“Karena ingin membalas race-1, race-2 saya di beberapa tempat kurang kontrol. Akibatnya lolos dari tikungan malah musuh yang lenbih cepat,” sambung Sulung Giwa yang race-2 hanya ke-3, kalah dari pembalap Malaysia dan Thailand.

 Poin di kelas sport atau ST, Indonesia hanya ke-3, pertama diduduki Thailand dan ke-2 Malaysia. Tapi Indonesia bisa membalas telak di kelas bebek dengan poin tertinggi. Nah, kalau bebek jangan ceritalah. Apalagi bermain di Sentul Besar, mereka sudah hapal melajukan motornya. “Harusnya saya bisa ke-1 di race-2 ini, tapi salah ambil angin jelang finish,” kata Galang Hendra yang di balap reguler Indonesia masih di pemula. 

Tuh, di race-2 underbone pembalap Malaysia yang juara. Tapi kan, urutan 2  sampai seterusnya anak-anak Indonesia. Belum lagi di race-1 mereka sapu. Makanya, untung ada bebek, membuat Indonesia tetap juara umum di event one make race tahunan Yamaha ini. Dan inti cerita, Yamaha Indonesia sejak dini sudah harus memainkan sportnya di event lokal. “Itu sudah. Makanya kelas sport dibuka di YACR Sentul, programnya selanjutnya sport,” tangkis M. Abidin selaku GM Service And Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).  AN

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul, 30 November-1Desember 2013

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Race-1 R15 Thailand Kalahkan Indonesia

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Race 1 Underbone Indonesia Juara

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Kualifikasi R15 Agus 1:58 Detik, Thailand Tercepat

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Indonesia Menunggang Angin Underbone

 

BAGIKAN